Timnas Indonesia

Kurang Maksimal di Beberapa Laga Terakhir, PSSI Evaluasi Seluruh Pelatih Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Dalam kurun waktu beberapa minggu ke belakang, kita disuguhkan oleh penampilan beberapa pemain di berbagai kelompok umur. Sayangnya, penampilan mereka justru jauh dari harapan. Atas hal tersebut, PSSI berencana untuk melakukan evaluasi terhadap seluruh pelatih Timnas Indonesia.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, fans Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur disuguhkan oleh aksi-aksi dari punggawa Timnas Indonesia. Terhitung dari bulan Oktober hingga November ini, terdapat lima pertandingan yang diikuti mereka.

Untuk Timnas Indonesia senior, anak asuh Shin Tae-yong itu tampil pada ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Di ajang ini, Marc Anthony Klok dkk tampil di dua pertandingan. Pertama adalah laga melawan Timnas Irak sedangkan kedua melawan Timnas Vietnam.

Adapun untuk Timnas Indonesia U-17, Nabil Asyura dkk turut serta dalam ajang 2023 yang digelar di tanah air. Tergabung dalam fase grup (A) Piala Dunia U-17, anak asuh Bima Sakti itu telah memainkan tiga pertandingan. Tiga laga tersebut adalah melawan Timnas Ekuador U-17, Timnas Maroko U-17, dan Timnas Panama U-17.

Sayangnya, dari lima aksi Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur itu, hasilnya masih sangat jauh dari harapan. Tak satupun laga yang berakhir dengan kemenangan untuk kelima laga yang dimainkan. Skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) cuma mencatatkan dua hasil imbang dan satu kali menelan kekalahan dari lawan-lawannya.

Welber Jardim dkk bermain imbang dengan Ekuador U-17 (1-1) dan Panama U-17 (1-1). Sedangkan satu laga lainnya berakhir dengan kekalahan tatkala melawan Timnas Maroko U-17 (3-1). Hasil ini pun membuat mereka gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Kurang Maksimal di Beberapa Laga Terakhir, PSSI Evaluasi Seluruh Pelatih Timnas Indonesia
Shin Tae-yong ketika melakukan protes di laga Filipina vs Indonesia

 

Adapun untuk skuad senior, mereka tak sekalipun pernah mencatatkan kemenangan dalam dua laga tandangnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertama, Shayne Pattynama dkk dipermalukan Irak 5-1 di Basra International Stadium. Setelah itu, mereka cuma bisa bermain imbang 1-1 melawan Timnas Filipina di Rizal Memorial Stadium. Hasil tersebut membuat anak asuh Shin Tae-yong itu kini menempati peringkat terbawah klasemen sementara grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua. Langkah mereka untuk masuk ke putaran (ronde) ketiga semakin sulit dengan hasil tersebut.

Oleh karena itu, tak lama setelah kegagalan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 serta hasil tak memuaskan di Kualifikasi Piala Dunia kemarin, PSSI berencana untuk melakukan evaluasi. Evaluasi tersebut akan dilakukan kepada seluruh pelatih Timnas Indonesia. Artinya, Shin Tae-yong dan Bima Sakti akan dievaluasi langsung di waktu dekat ini.

“Exco dalam waktu dekat ini juga akan memanggil semua pelatih untuk mengevaluasi laga Timnas di beberapa pertandingan terakhir,” tulis Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam akun instagramnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid