Timnas Indonesia

Segrup dengan Indonesia di Piala Asia U-20, Pelatih Irak Tak Sombong Meski Lebih Diunggulkan

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Drawing Piala Asia U-20 2023 telah selesai dilakukan. Anak asuh Shin Tae-yong tergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan U-20, Irak U-20, dan Suriah U-20. Pelatih Irak U-20 Emad Mohamed berbicara terkait peluang timnya di grup tersebut.

Diketahui, Timnas Irak U-20 menjadi tim tersukses di grup A dalam sejarah pagelaran Piala Asia U-20. Tercatat, Irak keluar sebagai juara Piala Asia U-20 pada tahun 1975, 1977, 1978, 1988, dan terakhir 2000.

Meskipun sudah lama tidak menjadi juara lagi, namun Irak U-20 tetaplah lawan yang menakutkan. Pada edisi Piala Asia U-20 tahun 2012, Timnas Irak U-20 keluar sebagai runner-up. Total, dalam sejarah dihelatnya Piala Asia U-20, Timnas Irak U-20 berhasil lolos ke empat besar sebanyak 4 kali.

U-20 dan Suriah U-20 memang pernah menjadi juara. Tapi masing-masing hanya satu kali dan itupun sudah sangat lama sekali. Adapun Uzbekistan, prestasi terbaik mereka adalah runner-up Piala Asia U-20 tahun 2008.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

Meski dari catatan di atas menyiratkan jelas bahwa Irak adalah tim yang kemungkinan besar akan lolos ke tahap berikutnya, namun sang pelatih Emad Mohamed tak besar kepala. Ia justru menyebut para lawan-lawannya merupakan tim yang kuat dan tidak muda untuk dikalahkan.

“Semua grup yang tampil hari ini tidak mudah, karena kami diundi oleh negara tuan rumah Uzbekistan, Suriah, dan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk kategori yang sama,” ujar Emad Mohamed dilansir dari laman Federasi Sepakbola Irak atau IFA.

“Kami harus mempersiapkan diri dengan baik untuk turnamen ini dalam segala hal dan lolos fase grup,” ujarnya menambahkan.

Adapun Piala Asia U-20 2023 ini akan dimulai pada 1 sampai 18 Maret tahun depan.

Lebih lanjut, Emed mengungkapkan target timnya di Piala Asia U-20 2023. Target mereka adalah lolos dari fase grup. Sebab kelolosan itu akan membuat timnya lebih dimudahkan untuk melaju ke 2023.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

“Tujuan kami adalah lolos fase grup, yang kemudian akan menjadi pintu gerbang ke kompetisi untuk kualifikasi ke Piala Dunia setelah mendapatkan pengalaman di turnamen itu.”

“Kami membutuhkan banyak pekerjaan dan persiapan yang baik untuk turnamen ini untuk mencapai hasil positif di Piala Asia U-20,” tutupnya.

Jika tak ada aral melintang, Irak akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia di grup A Piala Asia U-20 2023. Menarik untuk menunggu dan menyaksikan bagaimana pertemuan kedua tim ini. Terlebih, skuad asuhan Shin Tae-yong telah melakukan pemusatan latihan yang cukup intens di benua Eropa.

Hasil pemusatan latihan serta uji coba selama di benua biru akan dibuktikan di laga nanti.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid