BRI Liga 1

Netizen Ramai-ramai Dukung PSSI Gunakan Wasit Asing di Liga 1

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kehadiran wasit asing di Liga 1 pekan ke-22 kemarin mendapat respons positif dari para netizen. Bahkan, beberapa di antara mereka berharap PSSI kembali menggunakan jasanya.

Seperti yang diketahui, pada akhir pekan kemarin, ada pemandangan menarik yang tersaji dalam lanjutan musim 2023-2024. Dalam dua dari total 9 pertandingan yang digelar pada pekan tersebut, tampak ada sesuatu yang tak biasa seperti yang kita lihat pada laga-laga sebelumnya di musim ini. Ya, di dua laga yang mempertemukan Persib Bandung vs Persik Kediri dan Persita Tangerang kontra Persikabo 1973 itu, wasit yang memimpin pertandingan bukanlah wasit asal Indonesia. Mereka adalah Yusuke Araki dan Futoshi Nakamura.

Dari namanya saja, sudah sangat mudah untuk ditebak jika keduanya berasal dari luar negeri – tepatnya Jepang. Diketahui, keduanya adalah pelatih dengan pengalaman yang cukup mentereng dalam bidang perwasitan. Bahkan, salah satu di antara wasit tersebut pernah memimpin di beberapa laga penting seperti Asia, , Piala Asia, hingga beberapa pertandingan di Liga Slowakia.

Netizen Ramai-ramai Dukung PSSI Gunakan Wasit Asing di Liga 1
Salah satu wasit asing di Liga 1 kemarin

Keberadaan kedua wasit asing ini sendiri merupakan permintaan dari PSSI. Diharapkan, dengan kehadiran keduanya, maka wasit-wasit lokal lainnya bisa menjadikannya sebagai contoh dalam memimpin pertandingan.

“Ini adalah sebuah bentuk kerja sama kami untuk meningkatkan kualitas perangkat pertandingan. Tidak sekadar wasit asing memimpin, tapi berkolaborasi dengan wasit lokal,” terang Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

“Sepakbola kita akan meningkat kualitasnya jika diikuti juga dengan peningkatan SDM yang terlibat di dalamnya, terutama perangkat pertandingan,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Sementara itu, di media sosial seperti X (dulu twitter) dan Instagram, netizen menyambut kehadiran dua wasit asing itu dengan positif. Rata-rata, mereka memberikan komentar jikalau penggunaan wasit asing membuat sepak bola Indonesia jadi lebih enak untuk dinikmati. Selain itu, adapula yang berharap agar PSSI kembali menggunakan mereka – terkhusus di pertandingan-pertandingan besar.

“Wasit asing kualitasnya jauh bgt sama lokal.. kalo asing enak bener ga asal tiup peluit,” tulis netizen dengan username syahpamungkas.

“Kalo wasit asing gini, pemain lebih segan ya…gak ada protes yg berlebihan…tapiiii kalo wasit indo, protesnya sampe didorong2” tulis netizen lainnya lagi dengan nama inn.anana.

“Naturalisi wasit ternyata membikin pertandingan enak ditonton” komentar saputrafandi.

“Musim depan full wasit Jepang bisa yuk,” tulis ahmad.reza_85.

“Semoga pertandingan besar lainnya dipimpin wasit asing,” bunyi komentar lainnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid