Intermezzo

6 Punggawa Timnas Filipina yang Bermain di Liga 1, Siapa Saja?



NOBARTV NEWS – Beberapa punggawa Timnas Filipina merupakan pemain yang berkarier di Liga Indonesia. Siapa saja mereka?

Seperti yang diketahui, akan berhadapan dengan Timnas Filipina pada malam hari ini. Duel dua tim asal Asia Tenggara itu tersaji di markas Filipina yakni Rizal Memorial Stadium. Pertemuan kedua tim tersaji pada ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F – tepatnya pada matchday kedua.

Pada matchday pertama sebelumnya, Indonesia dan Filipina sama-sama mencatatkan hasil buruk. Marc Anthony Klok dkk dibungkam – bahkan lebih tepatnya dibantai oleh Timnas Irak dengan skor akhir 5-1. Bertanding di Basra International Stadium, gawang Nadeo Argawinata dibobol dengan jumlah yang tak masuk akal.

Adapun Filipina, menjamu Vietnam di Rizal Memorial Stadium, Daisuke Sato dkk menyerah atas sang tamu dengan skor akhir 0-2. Mereka tak mampu menang kendati bermain di kandang sendiri.

Atas dasar itulah, pertemuan Timnas Indonesia dan Filipina pada malam hari ini terasa cukup spesial. Selain karena kedua tim sedang mengincar kemenangan perdananya, pertemuan antar tim sesama Asia Tenggara juga terasa lebih menarik untuk disaksikan. Duel-duel yang sudah sering terjadi akan lebih menarik karena kali ini pertemuannya dilakukan di even yang lebih bergengsi.

Kedua tim diprediksi akan bermain dengan penuh tensi kendati Timnas Indonesia lebih tidak diunggulkan daripada sang tuan rumah. Beberapa faktor membuat skuad Garuda tidak lebih diunggulkan di laga ini. Apa saja itu?

Pertama, skuad Garuda tidak terbiasa main di lapangan sintetis. Sementara Filipina sudah sangat terbiasa. Bahkan, dalam sesi konferensi pers kemarin, salah satu pemain Timnas Indonesia Rafael Struick mengkritik rumput Rizal Memorial Stadium yang sangat buruk.

Kedua, Timnas Indonesia tidak lebih fit dibandingkan skuad Filipina. Ya, setelah memainkan laga perdananya di Irak, skuad Garuda harus melakukan perjalanan yang sangat panjang untuk kembali sampai di Filipina. Perjalanan panjang yang dilakukan Marc Klok dkk itu jelas menurunkan stamina mereka. Sedangkan bagi Filipina, dari laga pertama hingga kedua, mereka selalu bermain sebagai tuan rumah.

Ketiga, beberapa pemain Filipina diketahui berkarier di Liga 1 (Indonesia). Ya, tak salah dengar lagi, lebih dari tiga pemain Timnas Filipina mengadukan nasibnya di Indonesia. Dengan demikian, sedikit tidaknya – mereka tentu tahu seluk beluk permainan rekan setimnya di klub yang kini dipanggil untuk Timnas Indonesia. Seperti Daisuke Sato misalnya. Daisuke Sato merupakan bek asal Filipina sekaligus rekan setim dengan Marc Klok, Rachmat Irianto, hingga Edo Febriansyah. Diketahui, Klok, Irianto, hingga Edo adalah nama-nama pemain yang tergabung dalam satu klub yang sama dengan Sato di Persib Bandung. Dan kini, ketiga pemain tersebut masuk dalam skuad Timnas Indonesia.

Selain Sato, beberapa pemain Timnas Filipina yang berkarier di Indonesia adalah Mike Ott, Carli de Murga, Christian Rontini, Simen Lyngbo, dan Kenshiro Daniels. Bahkan di luar nama-nama tersebut, adapula pemain asal Filipina lainnya di Liga 1 yang sayangnya tak mendapat panggilan. Mereka adalah Julian Schwarzer, Diego Bardanca, Oliver Bias, dan Anthony Pinthus.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid