Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Lakukan Persiapan Serius untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026



NOBARTV NEWS senior bakal serius untuk mempersiapkan diri jelang 2026.

Sebagaimana diketahui, pada Piala Dunia 2026 mendatang, ada beberapa peraturan yang diubah oleh FIFA. Peraturan tersebut berkenaan dengan jumlah peserta yang akan tampil di ajang sepak bola terbesar di dunia itu.

Sebelumnya, di even Piala Dunia yang sudah lewat, jumlah kontestan untuk ajang tersebut berjumlah 32 negara yang dibagi menjadi 8 grup (A-H) dengan jumlah tim untuk setiap grup adalah 4. Namun untuk Piala Dunia 2026 nanti, jumlah kontestan akan bertambah menjadi 48 tim. Dengan demikian, jumlah grup akan bertambah menjadi 12 (A-L).

Bertambahnya jumlah peserta tentu membuat perwakilan untuk setiap konfederasi ikut mengalami penambahan. Di edisi sebelumnya (), AFC hanya diwakili oleh Timnas Iran, Arab Saudi, Australia, Jepang, dan Korea Selatan. Namun dengan ditambahnya jumlah kontestan tersebut, maka AFC berpeluang untuk mengirimkan 9 perwakilan (8 slot langsung dan 1 slot play off antar konfederasi).

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Penambahan jumlah peserta inilah yang saat ini sedang diincar oleh PSSI dan Timnas Indonesia. Dalam konferensi persnya, Erick Thohir menyampaikan betapa seriusnya Timnas Indonesia untuk bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 nanti.

“Kami meninjau kalender sepak bola karena persiapan timnas Indonesia ini harus benar-benar serius,” kata Erick Thohir.

“Alhamdulillah kami sekarang berada di peringkat ke-149 rangking FIFA, sudah 10 tahun lamanya kami tidak pernah berada di bawah 150 besar,” tambahnya.

Untuk mempersiapkan Timnas Indonesia, PSSI akan membuat prioritas tim jangka panjang. Karena tidak hanya Kualifikasi Piala Dunia saja yang bakal dihadapi Timnas senior Indonesia. Pada tahun depan, Marc Klok dkk juga akan bermain di Piala Asia 2023. Persiapan untuk membentuk Timnas Indonesia akan mulai dilakukan usai FIFA Matchday bulan September 2023.

“Kami akan memainkan FIFA Matchday dahulu di Juni dan September 2023. Setelah itu kami akan prioritaskan tim ini jangka panjang.”

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Nama-nama pemain timnas Indonesia sudah ada daftarnya tapi yang bermain di dalam negeri dulu. Kalau di luar negeri takutnya ada masalah lagi,” ujarnya memungkasi.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 sendiri akan dimulai pada 12 Oktober 2023. Timnas Indonesia akan memulai perjalanannya lewat putaran pertama terlebih dahulu. Hal itu diputuskan AFC karena Indonesia hanya menempati peringkat ke-149 FIFA atau rangking 28 di Asia.

Di putaran ‘pertama', Timnas Indonesia harus memenangkan pertandingan dalam dua leg untuk bisa melaju ke putaran ‘kedua'. Dari putaran ‘kedua', anak asuh Shin Tae-yong itu juga harus lolos lagi ke putaran ‘ketiga' untuk menjaga asa bermain di even (Piala Dunia 2026) tersebut.

Jika skuad Garuda berhasil finis sebagai juara atau runner-up grup di putaran ‘ketiga', maka Timnas Indonesia dinyatakan lolos ke Piala Dunia 2026. Namun jika gagal, Timnas Indonesia setidaknya harus finis di peringkat ketiga atau keempat di putaran ‘ketiga' untuk menjaga peluang lolos lewat putaran ‘keempat' nanti.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment