Intermezzo

Dilarang di Piala Dunia U-20, 3 Atlet Israel Ini Ternyata Pernah Tanding di Indonesia!



NOBARTV NEWS – FIFA resmi membatalkan 2023 yang rencananya akan dilangsungkan di Indonesia. Meski tak menyebut penolakan kepada Israel sebagai penyebabnya. Namun banyak orang beranggapan jika itulah sebenarnya alasan dibalik pembatalan itu. Padahal, beberapa waktu sebelumnya, sudah pernah ada atlet asal Israel yang menginjakkan kakinya di Indonesia.

Seperti yang diketahui, Israel dan Indonesia memang tidak memiliki hubungan diplomatik. Oleh sebab alasan tersebut, bangsa Israel dilarang keras untuk datang ke Indonesia. Apalagi jika sampai menyanyikan lagu kebangsaan disertai mengibarkan benderanya di negara ini.

Maka daripada itu, beberapa bulan menjelang digelarnya even Piala Dunia U-20 2023, gelombang protes terkait kedatangan mereka menggema. Gubernur Bali Wayan Koster menjadi salah satu pemimpin daerah yang cukup vokal menolak. Selain dirinya, ada pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kedua tokoh PDI-P dengan lantang menolak kehadiran mereka.

Selain itu, beberapa kelompok organisasi kemasyarakatan hingga keagamaan terang-terangan juga ikut menolak. Hingga pada akhirnya, beberapa waktu kemarin, FIFA memutuskan untuk membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 lalu disusul dengan dicabutnya hak Indonesia sebagai negara penyelenggara even tersebut.

Dalam keterangannya, FIFA tak sekalipun menyebut faktor penolakan kepada Israel sebagai penyebabnya. Justru, FIFA menyinggung Tragedi Kanjuruhan dalam surat keputusan yang dirilis di website resminya itu. Meskipun demikian, masyarakat pecinta sepak bola Indonesia sudah meyakini jika penolakan terhadap Israel itulah sebagai penyebab utamanya.

Lucunya, sebelum penolakan kepada tim Israel di Piala Dunia U-20 ini, sudah ada beberapa atlet dari cabang olahraga lain yang datang dan bermain di Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

1. Misha Zilberman

Misha Zilberman merupakan atlet badminton kelahiran Moscow Rusia namun selalu membela Israel di berbagai kejuaraan dunia. Tercatat, Misha pernah bermain di tiga edisi olimpiade yaitu pada tahun 2012, 2016, dan 2020.

Pada tahun 2015, Misha pernah membawa nama Israel ketika bertanding di kejuaraan dunia di Istora Senayan, Jakarta. Meksipun sempat mandek di Singapura karena tidak diberikan visa Indonesia, namun berkat bantuan dari panitia dan BWF, Misha Zilberman bisa turun di kompetisi tersebut.

Sayang, di Indonesia, kiprah pebulu tangkis peringkat 36 dunia itu tidak bertahan lama. Ia kalah dari babak pertama oleh Hsu Jen Hao.

2. Yuval Shemla

Dari cabang olahraga panjat tebing, baru-baru ini, atlet asal Israel bernama Yuval Shemla mengikut sebuah even yang diselenggarakan di Indonesia. Ajang panjat tebing itu dilangsungkan pada September tahun 2022 kemarin.

3. Mikhael Yakolev

Pada bulan Pebruari 2023 kemarin, Mikhael Yakolev memacu lintasan Velodrome Jakarta dalam kejuaraan dunia UCI Track Nations Cup.

Mikhael merupakan atlet asal Israel yang sebelumnya membela Rusia. Ia pindah kewarganegaraan pada Agustus tahun lalu. Tak lama berselang, ia membawa nama Israel di sebuah kejuaraan yang dilaksanakan di Indonesia.

Menariknya, Mikhael sukses meraih perunggu pada nomor Keirin Putra di Jakarta.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment