Timnas Indonesia

Soal Evaluasi STY dan Bima Sakti, Exco PSSI Gelar Rapat pada 4 Desember 2023



NOBARTV NEWS – Hasil kinerja dari Bima Sakti dan Shin Tae-yong dalam beberapa pertandingan terakhir U-17 dan senior akan dievaluasi pada 4 Desember mendatang.

Seperti yang diketahui, pada bulan November kemarin, beberapa pertandingan disuguhkan oleh dua Timnas Indonesia kelompok umur. Pertama adalah Timnas Indonesia U-17 dan kedua Timnas Indonesia senior. Untuk skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17), mereka tanding di 2023. Sementara untuk Timnas Indonesia senior, anak asuh Shin Tae-yong itu berlaga di 2026 zona Asia ronde kedua grup F.

Sayangnya, dari dua kelompok umur itu, keduanya gagal memberikan hasil maksimal. Arkhan Kaka dkk gugur di fase grup Piala Dunia U-17 2023. Mereka gagal melangkah ke fase knock-out (16 besar) setelah finis di peringkat ketiga klasemen akhir grup A. Anak asuh Bima Sakti itu cuma bisa mencatatkan dua hasil imbang dan menelan kelalahan sebanyak satu kali.

Adapun untuk Timnas Indonesia senior, skuad Garuda pimpinan Shin Tae-yong itu mencatat hasil buruk di dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2026. Setelah dipermalukan Timnas Irak dengan skor telak 5-1, Marc Anthony Klok dkk cuma bisa meraih hasil imbang 1-1 kontra Filipina di laga keduanya. Alhasil, kini mereka berada di peringkat keempat klasemen sementara grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua.

Atas hasil buruk itu, PSSI berencana untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja Bima Sakti dan Shin Tae-yong. Evaluasi tersebut sudah disebut-sebut sejak beberapa hari yang lalu. Namun kemarin, Ketua BTN (Badan Tim Nasional) Sumardji menjelaskan secara rinci waktu dan pelaksanaan evaluasi tersebut.

Soal Evaluasi STY dan Bima Sakti, Exco PSSI Gelar Rapat pada 4 Desember 2023
Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak

Kata Sumardji, para anggota Exco PSSI akan menggelar evaluasi kepada Shin Tae-yong dan Bima Sakti pada 4 Desember mendatang. Sejatinya, sudah pernah ada rapat di antara anggota Exco PSSI sepulang skuad Garuda dari Filipina ke Jakarta. Akan tetapi, rapat kala itu tidak membahas evaluasi Shin Tae-yong dan Bima Sakti secara khusus.

“Kemarin itu kebetulan ketika kami perjalanan dari Filipina ke Jakarta ada rapat Exco PSSI,” kata Sumardji.

“Cuma kalau yang berkaitan dengan evaluasi pelatih baik itu coach Shin maupun coach Bima, kami belum mendapatkan jadwal lagi,” tambah pria yang juga menjabat sebagai anggota Polri dengan pangkat Komisaris Besar itu.

Oleh karenanya, kemungkinan besar pada tanggal 4 (Desember) yang jatuh pada hari Senin depan – ia akan membahas hal itu (evaluasi) bersama anggota Exco PSSI yang lain.

“Insya Allah tanggal 4 Desember ada rapat, mungkin itulah yang akan dipakai untuk membahas berkaitan dengan evaluasi, mungkin ya,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid