Timnas Indonesia

Perbedaan Peringkat Indonesia dengan Argentina, Bak Langit dan Bumi

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS ‘hampir' pasti melawan Timnas Argentina di FIFA Matchday Juni mendatang. Jika kedua tim ini diperbandingkan – dari segi kualitas, harga pasaran, serta prestasi, Timnas Indonesia dan Argentina bagaikan bumi dan langit.

Sebagaimana diketahui, pada unggahan terbaru Timnas Argentina Senin kemarin, AFA (Federasi Sepakbola Argentina) menyebut pada FIFA Matchday Juni mendatang, Lionel Messi dkk akan bertandang ke Asia. Dalam caption yang diikuti dengan sebuah gambar tersebut, Timnas Argentina dijadwalkan memainkan dua pertandingan.

Pertandingan pertama akan dimainkan melawan Timnas Australia di Beijing China. Dan pertandingan kedua bertemu dengan Timnas Indonesia di Jakarta tanggal 19 Juni 2023.

Unggahan tersebut sontak membuat publik sepakbola Indonesia terkejut. Pasalnya, di tengah-tengah ketidakpastian terkait lawan yang akan dihadapi di FIFA Matchday mendatang, para suporter Timnas Indonesia disuguhi oleh kabar bahwa sang juara dunia akan datang ke tanah air kita. Selain melawan Timnas Argentina, skuad Garuda sudah dipastikan akan berjumpa Timnas Palestina di periode FIFA Matchday bulan depan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Namun sayangnya, sejauh ini, meskipun AFA telah mengumumkan kabar tersebut, namun PSSI belum berani memastikan. Kata Exco PSSI Arya Sinulingga, segala hal terkait rumor belum pasti selama tidak ada hitam di atas putih.

Terlepas dari dipastikan atau tidak, menarik untuk melihat perbandingan kedua negara yakni Timnas Indonesia dan calon lawan Timnas Argentina. Meskipun perbandingannya bagaikan bumi dan langit, namun layak untuk kita simak bersama-sama. Apa saja?

1. Peringkat FIFA

Berdasarkan rilis terbaru, Timnas Argentina menjadi tim terbaik setidaknya dari rangking FIFA. Keberhasilan Lionel Messi dkk memuncaki daftar tersebut tak lepas dari statusnya sebagai juara Piala Dunia 2020. Sementara itu, skuad Garuda hanya berada di peringkat 149 dunia.

2. Jumlah Pemain Abroad

Hampir seluruh pemain Timnas Argentina meniti karir di luar negeri. Dari total 34 pemain (data Transfermarkt), 32 di antaranya merupakan punggawa abroad. Para pemain abroad tersebut tersebar ke berbagai klub papan atas Eropa. Seperti Paris Saint-Germain (Lionel Messi), Inter Milan (Lautaro Martinez), Lautaro Martinez (Manchester United) dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Sementara skuad Garuda, jumlah pemain abroadnya hanya hitungan jari saja. Dari seluruh skuad Garuda yang memungkinkan tampil di FIFA Matchday Juni mendatang, delapan di antaranya merupakan pemain abroad. Mereka adalah Asnawi Mangkualam Bahar, Pratama Arhan, Elkan Baggott, Saddil Ramdani, Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama, dan Marselino Ferdinan.

3. Harga Pasaran Pemain

Harga pasaran pemain Argentina jika ditotalkan seharga 14.754,54 miliar atau lebih dari 14 triliun rupiah. Sedangkan Timnas Indonesia, hanya berada pada angka 125,15 miliar rupiah saja.

Selain tiga perbedaan di atas, kira-kira apa saja hal yang membedakan kedua tim tersebut?

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid