Timnas Indonesia

Gagal Bawa Timnas U-17 ke Piala Asia, Bima Sakti Bicara Kans Ganti STY Latih Timnas U-23



NOBARTV NEWS – Di bawah kepemimpinan Bima Sakti, Garuda Asia gagal melaju ke Piala Asia U-17 2023. Dengan demikian, Arkhan Kaka dkk akan dibubarkan karena mereka tidak memiliki agenda lain dalam waktu terdekat ini. Khusus untuk Bima Sakti, eks pemain era 90-an itu disebut bakal menggantikan Shin Tae-yong sebagai juru taktik Timnas U-23 di SEA Games 2023.

PSSI sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa kemungkinan besar mereka akan menggantikan Shin Tae-yong untuk sementara di SEA Games 2023 di Kamboja. Hal ini dikarenakan jadwal sang pelatih sangat padat di tahun tersebut. Selain akan menukangi Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia dan Piala Asia, STY juga akan menangani Timnas senior di Piala Asia 2023.

Oleh sebab padatnya jadwal sang pelatih, PSSI pun membuka peluang bagi pelatih lainnya untuk mengganti pelatih asal Korea Selatan itu. Di event sebelumnya di SEA Games 2021, Timnas U-23 meraih peringkat Ketiga setelah menang atas Timnas Malaysia.

Berhubung SEA Games 2023 tidak sepenting event yang disebutkan di atas, maka PSSI ingin ada pelatih sementara yang membantu Shin di Timnas U-23.

Beberapa pelatih sempat digosipkan akan menggantikan STY. Seperti Fakhri Husaini, Dzenan Radoncic, hingga Bima Sakti. Namun sepertinya, hanya Bima Sakti yang memiliki peluang untuk mengganti STY di SEA Games tersebut.

Fakhri Husaini disebut kurang klop dengan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Dzenan Radoncic sendiri beberapa hari lalu memutuskan untuk undur diri sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia karena ingin merawat sang ibu yang saat ini sedang sakit. Jadi, hanya Bima Sakti, pelatih lokal yang digadang-gadang akan mengganti posisi eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Bima Sakti menjawab kemungkinannya untuk melatih Timnas U-23 usai gagal membawa Timnas U-17 ke Piala Asia U-17 beberapa hari lalu. Dalam sesi konferensi pers usai laga pamungkas melawan Malaysia, Coach Bima menjawab kemungkinan (melatih Timnas U-23) tersebut.

SEA Games 2023 sendiri akan dihelat pada 5-17 Mei 2023. Adapun terkait dirinya yang akan diisukan akan menangani Timnas U-23, Bima Sakti tak besar kepala. Ia merendah dan lebih memilih untuk menyerahkan kewenangan (memilih pelatih) tersebut kepada PSSI.

“Banyak pelatih lain yang kompeten dan siap di situ, kami serahkan ke PSSI,” ujar Bima Sakti usai Timnas Indonesia dikalahkan Malaysia.

“Siapa pun pelatihnya kita dukung. Tanggung jawab saya masih ada di Timnas U-16,” ujarnya menambahkan.

“Kalau saya rekomendasikan pelatih lain yang lebih siap karena materinya dari STY, yang berkoordinasi dengan STY, karena pemainnya juga rekomendasi beliau,” tutup pelatih yang membawa Garuda Asia menjuari U-16 2022 itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments