Timnas Indonesia

Resmi: Indonesia Bebas dari Sanksi FIFA, Namun Akan Berkolaborasi dalam 5 Poin Ini!



NOBARTV NEWS – FIFA resmi tidak menjatuhkan hukuman kepada PSSI buntut dari Tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan ratusan jiwa melayang dan ratusan lainnya luka-luka. Hanya saja, FIFA beserta AFC dan juga pemerintah RI akan berkolaborasi bersama-sama untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan sehingga kejadian serupa tak terulang lagi.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, ratusan jiwa melayang karena tragedi yang dikenal dengan sebutan ‘Tragedi Kanjuruhan.’ Sesuai namanya, tragedi tersebut terjadi di stadion Arema FC Kanjuruhan. Kuat dugaan kejadian itu diakibatkan karena para suporter yang berdesakan dan kehabisan napas yang diakibatkan karena semprotan gas air mata.

Aparat yang saat itu menjaga laga antara Arema FC Vs Persebaya Surabaya terpaksa melakukan hal itu karena menurut mereka, suporter yang turun ke lapangan melakukan kerusuhan pasca laga. Namun sayang, yang menjadi korban justru bukan para suporter dewasa – namun perempuan hingga anak kecil bahkan balita turut menjadi korban.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Akibat hal itu, banyak dugaan yang menyebut Indonesia khususnya PSSI akan menerima sanksi berat dari FIFA. Namun tak sedikit pula yang mengatakan bahwa FIFA tidak akan menjatuhkan hukuman karena kejadian yang menimpa Indonesia tidak memiliki muatan politik – yang nyata-nyata ditentang keras oleh federasi sepakbola tertinggi di dunia itu.

Dan benar, FIFA akhirnya mengumumkan bahwa tidak akan menjatuhkan sanksi kepada Indonesia – namun tetap akan melakukan pembinaan. Hal itu disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo melalui kanal youtube Sekertariat Presiden Jumat kemarin.

“Saya telah menerima surat dari FIFA. Ini adalah tindak lanjut dari pembicaraan saya lewat telfon dengan Gianni Infantino pada 3 Oktober lalu,” jelas Joko Widodo.

“Berdasarkan surat tersebut, Alhamdulillah, sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA,” tambah orang nomor satu di Indonesia itu.

“FIFA bersama dengan pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia,” tutupnya kemudian.

Baca Juga:  Indonesia vs Korea Selatan: Berikut Jadwal 8 Besar Piala Asia U23 2024!

Berikut 5 langkah lanjutan yang akan dilakukan oleh tiga unsur terkait yakni FIFA, AFC, dan Pemerintah RI demi memperbaiki kualitas sepakbola Indonesia:

1. Membangun standar keamanan stadion di seluruh stadion yang ada di Indonesia.

2. Memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional.

3. Melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama.

4. Mengatur jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada.

5. Menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

14 Comments