BRI Liga 1

Gol Persija Berbau Offside, Striker Persib Bandung: Tuhan, Lindungi Sepak Bola Indonesia!



NOBARTV NEWS – Striker Persib Bandung David da Silva bereaksi terhadap gol Michael Krmencik di laga Persija Vs Arema Minggu kemarin. Sebab dari tayangan ulang, gol pemain asing Persija itu sangat kontroversial dan berbau offside.

Sebagaimana diketahui, Persija menjamu Arema FC pada lanjutan Liga 1 kemarin sore. Dalam laga tersebut, tim berjuluk Macan Kemayoran itu menjamu Singo Edan di Stadion Patriot, Candrabhaga, Kabupeten Bekasi.

Menariknya, di laga ini, eks pemain Lechia Gdansk, FK Senica, dan AS Trencin yakni Witan Sulaeman akhirnya melakukan debutnya. Sayap lincah itu bermain sejak menit pertama. Beberapa menit babak kedua berjalan, ia digantikan gelandang asing asal Jerman Hanno Behrens.

Debut Witan tersebut cukup memuaskan. Pasalnya, ia turut membantu timnya meraih poin penuh. Persija berhasil mengalahkan sang tamu dengan skor akhir 2-0. Satu gol dilesakkan oleh Hanif Sjahbandi lewat titik putih serta satu gol lainnya lewat Michael Krmencik. Hasil memuaskan tersebut membawa tim ibukota kini berada di peringkat pertama dengan total poin 47.

Namun sayangnya, salah satu gol yang tercipta di laga tersebut sangat berbau offside. Dalam proses gol keduanya, Michael Krmencik sudah berada di belakang pemain kedua ketika menerima umpan manis dari Osvaldo Haay. Namun sayangnya, wasit yang berada di samping gawang mengabaikannya. Alhasil, gol tersebut dinyatakan sah oleh wasit utama.

Disahkannya gol tersebut membuat kualitas wasit kembali disorot. Pasalnya, sampai pekan ke-23 ini, banyak sekali keputusan wasit yang dianggap merugikan. Kebutuhan akan Video Assistant Referee atau VAR sudah dalam tahap urgensi jika melihat banyaknya keputusan kontroversial yang diberikan.

Gol Krmencik tersebut bahkan membuat striker sang rival ikut berkomentar. Adalah David da Silva, striker asing Persib Bandung itu turut memberikan komentarnya. Dalam media sosialnya, David menulis kalimat menohok.

“Tuhan, lindungi sepak bola Indonesia,” tulis striker berkepala plontos itu.

Sementara itu, gelandang Persib yakni Marc Anthony Klok juga menulis tanggapannya di media sosial twitter. Eks pemain Persija dan PSM Makassar itu menyebut sepak bola Indonesia butuh VAR.

Sementara itu, pelatih Persija Thomas Doll mengaku tak tahu apakah gol Krmencik itu offside atau tidak. Hal itu Doll ungkapan usai pertandingan. Lebih lanjut, ia mengatakan akan mengecek ulang gol yang dilesakkan oleh anak asuhnya itu.

“Saya tidak tahu itu offside atau tidak, karena itu bukan masalah saya. Pasti ada perdebatan seperti ini. Setelah pulang akan dilihat offside atau tidak,” ujarnya.

“Sebenarnya Michael Krmencik di posisi yang benar. Kalau wasit bilang gol, ya gol,” pungkas mantan pelatih Borrusia Dortmund dan Hannover 96 itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

14 Comments

  1. Kualitas hakim garis sangat buruk, dan wasit yang dekat gawang GK guna sama sekali, daripada keputusan²nya selalu merugikan setiap tim, mending wasit,dan para assisten sekolah dan belajar lagi yang benar, atau PSSI dan pihak² yang terkait cari dana untuk buat/pake VAR di liga Indonesia, biar keputusannya bisa adil.