Timnas Indonesia

Setelah Zanadin Fariz, Satu Pemain Garuda Muda Dicoret karena Cidera Parah



NOBARTV NEWS – Setelah mencoret Zanadin Fariz dari skuad Garuda muda akibat mengalami cidera parah, STY kembali mencoret satu pemain lainnya karena mengalami hal yang sama. Adalah Ferdiansyah, gelandang muda Persib itu juga dicoret oleh STY jelang karena cidera parah.

Sebagaimana diketahui, pada Piala Asia U-20 2023 kemarin, Shin Tae-yong terpaksa melakukan pergantian pemain setibanya di Uzbekistan (tuan rumah Piala Asia U-20). Pasalnya, Zanadin Fariz yang sebelumnya disebut telah fit ternyata tidak bisa disertakan jelang laga perdananya melawan Timnas Irak U-20.

Awalnya, Zanadin mendapati cideranya itu ketika ia turun di laga uji coba melawan Timnas Guatemala U-20. Laga uji coba tersebut dilakukan sebelum U-20 berangkat ke Uzbekistan. Sayang, di laga uji coba tersebut pula, ia mendapatkan cideranya tersebut.

Ketika pertandingan sudah memasuki babak kedua (Vs Guatemala U-20), Zanadin melakukan pendaratan yang kurang sempurna setelah melakukan lompatan. Ketika hendak mendarat, Zanadin mengaku mendengar suara dari kakinya. Setelah itu, ia tidak bisa memberikan penampilan terbaiknya.

Melihat situasi seperti itu, Shin Tae-yong langsung mengganti pemain muda asal Persis Solo itu. Karena diketahui, usai uji coba tersebut, skuad Garuda muda harus segera berangkat menuju Uzbekistan.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Awalnya, Zanadin diragukan untuk ikut ke Uzbekistan. Namun ketika pengumuman skuad, Zanadin masuk ke dalam daftar 23 pemain yang dibawa STY. Alhasil, dalam keadaan yang tidak terlalu sempurna, ia tetap dibawa.

Setibanya di Uzbekistan, ketika melakukan persiapan jelang melawan Irak U-20 di laga perdana fase grup, Zanadin kembali menderita cidera. Cidera yang kembali dideritanya itu membuatnya dipastikan absen di sepanjang Piala Asia U-20.

Shin Tae-yong pun memulangkannya lantas menggantikannya dengan Brandon Scheunemann yang sebelumnya tak ikut ke Uzbekistan. Tak berselang lama, klub Zanadin yakni Persis Solo memberikan keterangan bahwa sang pemain menderita ACL. Cidera ACL tersebut tidak hanya membuatnya absen di Piala Asia U-20 saja. Bahkan, kata Persis Solo saat itu, Zanadin juga harus absen di Piala Dunia U-20. Sebab cidera yang dideritanya itu butuh waktu lama untuk masa pemulihan.

Mirisnya, tak hanya Zanadin Fariz saja. Kemarin, ketika PSSI mengumumkan daftar 29 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan jelang Piala Dunia U-20, satu nama kembali dicoret. Adalah Ferdiansyah, gelandang milik Persib Bandung itu tak terdaftar dalam skuad yang akan mengikuti TC di Jakarta dan juga Korea Selatan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Sebelumnya, Ferdiansyah dibawa STY ke Piala Asia U-20. Namun saat itu, ia menderita cidera yang cukup serius sehingga membuat namanya kini tersingkir jelang TC lanjutan.

Cidera yang dialami Ferdiansyah sudah terlihat sejak yang bersangkutan main di laga melawan Suriah U-20. Masuk sebagai starter, Ferdiansyah justru digantikan pada menit ke-12. Sementara itu, di laga melawan Uzbekistan U-20, Ferdiansyah tak diturunkan sama sekali.

Dalam laman resmi Persib Bandung, klub asal Jawa Barat itu memberikan pengumuman terkait pemanggilan pemain jelang Piala Dunia U-20 2023. Persib memastikan Ferdiansyah tak dibawa, namun dua pemain lainnya yakni Kakang Rudianto dan Robi Darwis dibawa seperti biasa.

“Berbeda dengan pemanggilan sebelumnya. Kali ini Ferdiansyah tidak masuk dalam daftar pemain yang mengikuti pemusatan latihan,” tulis Persib Bandung.

Sementara itu, dokter Timnas Indonesia Dicky Mohamad Shofwan menyebut Ferdiansyah mengalami cidera pada engkel kanannya. Oleh sebab itu pula, ia tidak bisa dibawa ke TC Garuda muda jelang Piala Dunia U-20 ini.

“Atlet tersebut (Ferdiansyah) mengalami cedera pada engkel kanan,” kata Dicky Mohamad Shofwan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid