Timnas Indonesia

Klub Divisi 1 Liga Korea Selatan Jeju United Dirumorkan Ingin Datangkan Asnawi



NOBARTV NEWS – Klub kasta tertinggi Selatan Jeju United dirumorkan ingin menggaet bek sayap Ansan Greeners Asnawi Mangkualam Bahar. Bek yang juga berstatus sebagai pemain itu memang tengah naik daun pasca penampilan impresifnya bersama The Green Wolves di musim 2022-2023 kemarin.

Diketahui, Asnawi sudah berada di Korea Selatan selama dua tahun. Berkat koneksi pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, bek sayap kanan itu mendapatkan keistimewaan karena bisa bersaing dan bermain di kompetisi yang terbilang cukup elit.

Meski bermain di divisi kedua, namun Liga Korea Selatan termasuk salah satu liga terbaik di daratan Asia. Maka tidak heran ketika Asnawi kembali ke tim nasional, performanya jauh lebih baik dibanding rekannya. Hal itu menunjukkan kompetisi tempat ia bermain (K League 2) cukup kompetitif dan bersaing.

Nah, dalam dua musim bersama Ansan Greeners, Asnawi mendapatkan performa gemilang di musim keduanya atau musim 2022-2023 kemarin. Meski mengalami beberapa kali pergantian pelatih, namun karir Asnawi menanjak ketika bersama pelatihnya saat ini Jong-heon Lim.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Seiring waktu, Asnawi semakin dipercaya oleh klub yang memiliki corak warna hijau dalam jerseynya itu. Puncaknya adalah ketika ia bermain sebanyak 26 kali dan sukses membuat 2 gol dan 2 assist di musim keduanya.

Penampilan memukaunya itu sempat membuat beberapa rumor berkembang kalau terdapat klub papan atas Korea meminatinya. Di pertengahan musim kemarin, klub raksasa Korea Jeonbuk Hyundai Motors disebut ingin mendatangkan eks pemain PSM Makassar itu. Meski demikian, rumor tersebut hanyalah sebatas kiasan media saja karena pada kenyataannya tak terbukti sama sekali.

Namun kini, rumor lainnya kembali berembus terkait Asnawi Mangkualam lagi. Rumor tersebut diucapkan pertama kali oleh pengamat sepak bola Korea Selatan Ross Davis. Dalam cuitannya di akun twitternya, Ross menyebut Asnawi diminati oleh klub kasta tertinggi Korea Selatan Jeju United.

“Pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam yang bermain di K-League 2 bersama Ansan Greenrs dirumorkan pindah ke K-League 1 dengan Jeju,” cuit Ross Davis.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Asnawi dibutuhkan Jeju United untuk mengisi slot pemain asing Asia. Jeju tertarik dengan Asnawi karena performanya di K-League 2 (dengan Ansan Greeners,” lanjut cuitan tersebut.

Meski kontrak Asnawi masih tinggal satu tahun lagi, namun tak menutup kemungkinan jika sang pemain hijrah ke klub tersebut. Terlebih, dari pernyataan Asnawi beberapa waktu lalu, bek sayap andalan Shin Tae-yong itu mengaku sangat ingin bermain di kasta tertinggi Liga Korea Selatan.

Hal ini didukung pula dengan kenyataan bahwa Jeju sampai saat ini baru memiliki tiga dari empat pemain asing jelang bergulirnya Liga Korea Selatan. Maka daripada itu Asnawi menjadi nama terakhir yang memungkinkan untuk mengisi slot pemain asing asal Asia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments