Timnas Indonesia

Jelang Hadapi Irak di Piala Asia U-20, Begini Kata Pemain Termuda Timnas U-20 Sultan Zaky



NOBARTV NEWS – Pemain termuda di Piala Asia U-20 2023 Sultan Zaky ikut bersuara jelang duel perdana Garuda muda di even tersebut.

Sebagaimana diketahui, dalam seleksi skuad Timnas Indonesia jelang Piala Asia U-20 kemarin, PSSI telah memanggil 30 pemain. Dua di antara pemain yang diminta untuk bergabung merupakan punggawa Timnas U-16 yakni Sultan Zaky dan Arkhan Kaka.

Zaky merupakan bek tengah PSM Makassar Youth yang sebelumnya tampil di U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Begitupula dengan Kaka. Berposisi sebagai striker, Kaka juga turut membela Garuda Asia di dua even tersebut. Keduanya bersama rekan-rekannya yang lain bahu membahu membawa skuad Garuda Asia keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022. Namun sayangnya, mereka gagal memenuhi ekspektasi suporter Timnas Indonesia karena gagal melangkah ke Piala Asia U-17 2023.

Dan di antara banyaknya pemain yang tampil di Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 itu, hanya Sultan Zaky dan Arkhan Kaka yang diminta untuk bergabung di pemusatan latihan Timnas U-20 kemarin. Setelah melalui proses latihan dan beberapa kali melakukan laga uji coba, Shin Tae-yong akhirnya memutuskan 23 pemain yang akan dibawanya (ke Piala Asia U-20). Ternyata, nama Zaky terdaftar dalam pemain yang diminta STY untuk mengarungi Piala Asia U-20 tersebut. Sementara itu, nama Kaka tersingkir. Kaka kalah bersaing dengan pemain yang lebih senior seperti Hokky Caraka hingga Rabbani Tasnim.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dengan terpilihnya Zaky, ia kini menjadi pemain termuda Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2023. Kini, ia mengaku siap untuk mengarungi even tersebut. Dijadwalkan, laga perdana Garuda muda akan tersaji pada malam hari ini di Lokomotiv Stadium. Sultan Zaky dkk akan menentang perlawanan tim kuat Irak U-20.

Sebelum laga tersebut, Zaky memiliki kesan dan pesannya setelah terpilih dalam skuad Timnas U-20. Pemain kelahiran 23 Maret 2006 ini mengaku bangga karena di usia yang masih sangat muda bisa terpilih mewakili Indonesia di kancah internasional seperti Piala Asia U-20 ini.

“Sungguh sangat bangga karena saya juga salah satu pemain termuda yang bisa bermain di Tim U-20 ini untuk Piala Asia,” kata Sultan Zaky dilansir dari laman resmi PSSI.

Jelang duel tersebut, Zaky berharap skuad Garuda muda mendapatkan hasil yang bagus (menang). Terutama semoga timnya bisa tampil lebih kompak lagi.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Semoga kita mendapatkan hasil yang bagus dan semoga kekompakan tim juga semakin bagus dan kita meraih kemenangan,” ujar Zaky menambahkan.

Zaky lalu menceritakan suhu dingin di Uzbekistan yang memaksanya untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru tersebut.

“Cuaca di sini sangat dingin. Tapi kita harus berusaha adaptasi lebih cepat karena untuk persiapan pertandingan nanti,” ujarnya memungkasi.

Selain akan melawan Timnas Irak U-20, anak asuh Shin Tae-yong itu juga akan melawan dua tim lainnya di grup A yakni Timnas Suriah U-20 dan Uzbekistan U-20.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

16 Comments