Timnas Indonesia

Zainudin Amali Soal Venue FIFA Matchday Berikutnya: Bagi-bagi Lah, Masa Semuanya di Jakarta?

TOPIK BERITA : NOBARTV NEWSJakartaPSSIStadion GBKZainudin Amali


NOBARTV NEWS – Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menyebut ke depannya, laga FIFA Matchday Timnas Indonesia tidak akan terpusat di stadion-stadion yang ada di Kota Jakarta saja.

Sebagaimana diketahui, sejauh ini, setiap kali Timnas Indonesia memainkan pertandingan internasionalnya, laga tersebut seringkali dimainkan di ibukota Jakarta. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi venue favorit PSSI untuk menjamu lawan-lawannya. Namun di kepemimpinan Erick Thohir, PSSI sudah mulai mengupayakan hal yang berbeda.

Contohnya adalah di FIFA Matchday bulan Juni ini. Dari dua laga yang dimainkan Marc Klok dkk, anak asuh Shin Tae-yong itu bakal menjamu tamunya di dua tempat yang berbeda. Pertama, PSSI resmi menunjuk Surabaya – dalam hal ini Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sebagai venue untuk menjamu Timnas Palestina. Rencananya, laga melawan tim asal timur tengah itu akan tersaji pada 14 Juni mendatang.

Baca Juga:  Profil Mees Hilgers: Calon Pemain Timnas Indonesia dengan Harga Pasaran Ratusan Miliar!

Kedua, PSSI memastikan stadion terbaik yang dimiliki Indonesia yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai tempat menjamu tim papan atas Argentina. Laga melawan Lionel Messi dkk sendiri akan dimainkan pada 19 Juni 2023.

Ke depannya, di ajang FIFA Matchday untuk Timnas senior atau even-even lainnya untuk Timnas kelompok umur, PSSI akan menggunakan stadion di luar Jawa. Bahkan baru-baru ini, PSSI telah menunjuk Stadion Manahan Solo sebagai venue Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan diikuti oleh Timnas Indonesia.

“Ya bagi-bagi lah masa semuanya di Jakarta. Kan Surabaya juga itu kan tadinya jadi tempat salah satu stadion Piala Dunia U-20, nanti Manahan (Solo) juga akan dapat bagian,” kata Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali.

Akan tetapi, stadion di luar Jakarta yang dimaksud tentunya harus berkualitas dan layak untuk digunakan sebagai venue pertandingan internasional. Misalnya seperti stadion-stadion yang awalnya dipersiapkan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023 kemarin. Selain Stadion GBK Jakarta, GBT Surabaya, dan Manahan Solo, ada pula stadion lainnya seperti stadion Sriwijaya Jakabaring Palembang, Kapten I Wayan Dipta Bali, hingga Si Jalak Harupat Bandung.

Baca Juga:  Usai Tahan Imbang Arab Saudi, STY Minta Suporter Padati GBK untuk Laga kontra Australia

“Kemudian Bandung juga akan dapat bagian. Kan Pak Erick Thohir (Ketua Umum PSSI) sudah sampaikan, dari delapan FIFA matchday (dalam setahun) satu untuk pertandingan besar,” tambah eks Menpora RI itu.

Lebih lanjut, kata Amali lagi, pada tahun depan, PSSI berencana untuk mendatangkan tim sekelas Argentina ke Indonesia. Bisa jadi Brasil, Jerman, atau Uruguay.

“Yang 7 kita usahakan untuk memperbaiki ranking (FIFA). Tahun depan kita sedang negosiasi, setelah Argentina ini apa tunggu saja ya,” katanya memungkasi.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Zainudin Amali Soal Venue FIFA Matchday Berikutnya: Bagi-bagi Lah, Masa Semuanya di Jakarta? yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment