Bursa Transfer

Persija Lepas Barnabas Sobor ke Klub Lithuania sebagai Pemain Pinjaman



NOBARTV NEWS – Persija Jakarta resmi melepas satu pemain mudanya ke luar negeri. Adalah Barnabas Sobor, pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu dilepas ke klub kasta tertinggi Liga Lithuania FK Riteriai.

Sebagaimana diketahui, Barnabas Sobor merupakan salah satu pemain berbakat milik Persija Jakarta. Ia pernah menjadi bagian dari skuad Garuda muda – bahkan diikutsertakan dalam TC jangka panjang di dua negara Eropa yakni Turki dan Spanyol.

Barnabas sempat masuk ke skuad U-20 jelang keikutsertaan skuad Garuda muda di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Namun sayang, di tengah TC tersebut, nama Barnabas Sobor menghilang. Hingga pada akhirnya, ia tak dibawa STY ke Piala Asia U-20 tersebut.

Puncaknya adalah ketika TC Timnas Indonesia jelang 2023. TC tersebut sudah dimulai sejak Senin 20 Maret kemarin. Namun nama Barnabas Sobor kembali tak diikutsertakan dalam daftar 29 pemain yang dipersiapkan Shin Tae-yong itu.

Dari sini, kita dapat mengetahui satu hal bahwa Barnabas Sobor memang tidak dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023. Justru, di tengah persiapan Garuda muda tersebut, nama Barnabas Sobor diberitakan pindah ke klub luar negeri yakni FK Riteriai.

Eks pemain Persewangi Banyuwangi itu pindah dengan status pinjaman ke klub kasta tertinggi Liga Lithuania FK Riteriai. Di sana, Sobor dipinjamkan hingga akhir tahun 2023 – tepatnya pada tanggal 1 Desember 2023.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh klub tersebut dan juga dari pihak Persija Jakarta.

“Saat ini kami sedang berkomunikasi dengan Barnabas Sobor yang merupakan pemain timnas U-20 Indonesia,” tulis FK Riteriai dalam laman resminya.

“Kemungkinan dia akan segera datang ke Lithuania untuk bergabung bersama tim,” lanjut FK Riteriai.

Persija Jakarta yang diwakili oleh Wakil Presiden-nya Ganesha Putera juga membenarkan kabar itu. Lebih lanjut, kata Ganesha, pihak Riteriai saat ini sedang mendaftarkan nama pemain yang bersangkutan ke FIFA sebagai pemain barunya.

“Ya benar, memang ada tawaran peminjaman dari klub Lithuania kepada kami,” kata Ganesha Putera.

“Ini juga sudah ada kesepakatan dengan salah satu klub di sana. Sekarang prosesnya sedang ke pendaftaran pemain baru di FIFA,” ujarnya menambahkan.

“Kami meminjamkan Barnabas ke klub tersebut sampai akhir 2023,” tutup sang wakil presiden.

Musim ini, klub baru Barnabas Sobor itu masih bertengger di peringkat ke-10 klasemen sementara A Lyga atau Liga Lithuania. Klub berjuluk The Knights itu menjadi satu-satunya tim yang belum pernah meraih kemenangan. Dari empat laga yang sudah dijalaninya, Riteriai baru meraih satu kali hasil imbang dan tiga kali menelan kekalahan.

Hasil tersebut membuat mereka berada di dasar klasemen sementara A Lyga.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment