Timnas Indonesia

Waketum PSSI Minta Skuad Timnas U-22 Sering-sering Tonton Cuplikan Sepakbola



NOBARTV NEWS – Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha memiliki pesan khusus kepadanya para punggawa Timnas U-22 ketika mengunjungi mereka di sela-sela pemusatan latihan.

Seperti yang diketahui, U-22 asuhan Indra Sjafri sebentar lagi akan tampil di ajang SEA Games 2023. Even tersebut bakal digelar di Kamboja dan akan memperlombakan salah satu cabor olahraga favorit yakni sepak bola putra.

Adapun Indonesia, sebagai persiapannya jelang tampil di even tersebut, PSSI sudah menunjuk Indra Sjafri untuk menukangi Timnas U-22. Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu sudah memulai pemusatan latihan sejak 1 Maret kemarin. Saat itu, Indra memanggil banyak pemain dari Liga 2 untuk mengikuti TC tersebut.

Sepanjang bulan Maret, Indra membagi TC tersebut menjadi dua gelombang. Namun menjelang laga FIFA Matchday Maret 2023, Indra membubarkan mereka – lantas kembali memanggilnya (yang lolos gelombang kedua) untuk mengikuti TC akhir pada 1 April kemarin.

TC akhir yang dilakukan pada awal April tidak hanya diikuti oleh pemain yang dinyatakan lolos dari pemusatan latihan gelombang kedua saja. Akan tetapi, di TC kali ini Indra juga memanggil beberapa pemain yang tampil reguler di klub Liga 1. Pasalnya, di TC gelombang pertama dan kedua kemarin, mereka masih memperkuat klubnya masing-masing. Dalam daftar pemain yang dipanggil itu, Indra juga mengikutsertakan beberapa nama punggawa Timnas senior seperti Witan Sulaeman, Rizky Ridho, hingga Ramadhan Sananta.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Adapula pemain yang pernah menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia kelompok umur seperti David Maulana, Beckham Putra, hingga Bagas Kaffa.

Sehingga total, ada 36 pemain yang mengikuti TC kali ini. Jumlah tersebut belum ditambah dengan 7 pemain Garuda muda yang ikut menyertai.

Kemarin, ketika para skuad Garuda Indonesia melakukan sesi latihan, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha mengunjungi mereka. Para pemain menyambut kedatangan wanita yang pernah menjabat sebagai Sekjen PSSI itu.

Dalam kunjungan tersebut, Tisha memberikan pesan kepada para anak asuh Indra Sjafri. Ia meminta agar skuad Garuda untuk tetap fokus dengan sepak bola – bahkan ketika ia sedang bermain media sosial.

“Jadi pola pikir ada di sini, banyak-banyak di waktu luang kalau buka sosial media jangan keluar dari sepakbola, usahakan 70-30. Kalian lihat itu FIFA TV, cuplikan pertandingan di situ,” kata Tisha dilansir dari kanal youtube PSSI TV.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Lihat cara bermain mereka, simpan jadi favorit kalian, di sela ngobrol berbagi satu sama lain. Cek pemain-pemain U-22 yang ada di dunia kayak apa sekarang,” pesan sang Wakil Ketua Umum itu.

“70-30. Kalau YouTube banyak non bola diganti. Kalian harus lihat pemain-pemain usia 20, 21, 22 di dunia negara lain yang lagi karena kita suatu hari nanti akan lawan mereka.”

Tisha juga meminta agar skuad Timnas Indonesia memiliki mental baja ketika bertanding. Selain itu, para skuad Garuda diminta untuk menumbuhkan spiritnya. Serta jangan sampai merasa kecil (lemah) ketika bertanding. Sebab jika tak ada spirit atau masih terus merasa kecil, jangankan Argentina, melawan Vietnam pun kita akan kesusahan.

“Bisa enggak kita menang lawan Vietnam? Apa mereka lebih di atas dari kita? Apabila Argentina jauh di atas kita? Mau kita kalah dari mereka? enggak kan,” ucapnya lagi.

“Kalau kita tidak punya spirit itu kita gak tahu caranya buat menang. Kalau selamanya kita merasa lebih kecil dari Jepang ‘Enggak apa-apa kalau nanti kalah dari Jepang' ya enggak bakalan menang kita. Jangan Jepang, Vietnam saja susah menang,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments