Timnas Indonesia

Diwarnai Debut Sandy Walsh, Skuad Garuda Bungkam Turkmenistan 2-0

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sandy Walsh akhirnya mencatatkan debutnya dengan . Meskipun sang pemain tak bermain penuh, namun yang terpenting – di laga debutnya itu, skuad Garuda meraih kemenangan meyakinkan atas Turkmenistan 2-0.

Tadi malam, skuad Timnas Indonesia menjamu Timnas Turkmenistan dalam ajang FIFA Matchday September 2023. Laga tersebut berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya Jawa Timur.

Di awal-awal babak pertama, sang tamu beberapa kali memberikan ancaman kepada gawang skuad Garuda yang dijaga oleh Nadeo Argawinata. Namun beruntungnya, dari sekian usaha yang dilakukan Turkmenistan, barisan lini belakang Timnas Indonesia melakukan tugasnya dengan sangat baik.

Gol pembuka akhirnya berhasil dicetak pada menit ke-18, sapuan yang dilakukan lini belakang Turkmenistan mengarah ke striker Dendy Sulistyawan. Setelah mengontrol dengan kaki kanannya, Dendy melepas tembakan keras dari luar kotak penalti. Si kulit bundar menghujam keras ke arah gawang Turkmenistan yang gagal dihalau sang kiper. Saat itu, posisi penjaga gawang Turkmenistan memang sedikit maju dari bawah mistar gawang. Oleh karenanya, ia tak mampu menjangkau sepakan keras striker milik Bhayangkara FC itu.

Baca Juga:  Pelatih Uzbekistan Ogah Pandang Timnas Indonesia Sebelah Mata, Apa Katanya?

Setelah gol tersebut, skuad Turkmenistan beberapa kali melakukan percobaan untuk menyamakan kedudukan. Beberapa di antaranya hampir berbuah gol. Salah satunya adalah ketika Turkmenistan mendapat hadiah free-kick beberapa meter di depan kotak penalti Indonesia. Tapi beruntungnya, usaha sang tamu digagalkan oleh mistar gawang.

Skuad Garuda baru bisa menggandakan keunggulan menjelang pertandingan berakhir. Dua pemain yang baru masuk yakni Stefano Lilipaly dan Egy MV membuat aksi yang sangat baik. Berawal dari umpan manis Lilipaly, Egy menggocek beberapa barisan lini belakang Turkmenistan sebelum akhirnya melepas tembakan terukur ke pojok kanan bawah gawang. Hingga pertandingan berakhir, skor 2-0 menjadi milik tuan rumah.

Di samping kemenangan ini, dua pemain akhirnya mendapatkan debut bersama Timnas Indonesia. Dua pemain yang dimaksud adalah Sandy Walsh dan Wahyu Prasetyo. Untuk Wahyu, ini merupakan debut setelah mendapat panggilan untuk pertama kalinya. Namun bagi Sandy, debutnya di kota Surabaya tadi malam amat begitu spesial.

Baca Juga:  Prediksi Line-Up Indonesia vs Uzbekistan: Siapa yang Gantikan Struick?

Pemain yang berulang kali gagal bermain dengan skuad Garuda sejak dinaturalisasi ini akhirnya menjalani debut itu sebagai starter. Menariknya, Sandy bermain sebagai bek tengah berdekatan dengan Jordi Amat dan Alfeandra Dewangga.

Posisi ini merupakan pertama kali ia lakoni. Sebab sepanjang kariernya, Sandy lebih sering bermain sebagai fullback kanan. Namun karena ada Asnawi, ia justru digeser agak ke belakang. Sandy sendiri tak bermain penuh di laga ini. Di pertengahan babak kedua, bek sayap KV Mechelen ini digantikan oleh pemain lainnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid