Timnas Indonesia

Indonesia Satu Pot dengan Thailand di Drawing SEA Games 2023



NOBARTV NEWS berpeluang berada di pot yang sama dengan Timnas Thailand di SEA Games 2023 mendatang.

Seperti yang diketahui, even SEA Games akan kembali digelar dalam waktu dekat ini. Even multi olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu bakal mempertemukan para peserta yang berbeda dari 11 negara.

Dari sekian banyaknya cabang olahraga yang dilombakan, sepak bola putra menjadi salah satu even yang paling ditunggu-tunggu dan dinantikan. Even ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali yaitu pada tahun-tahun ganjil. SEA Games tahun 2023 ini merupakan edisi ke-32 sejak pertama kali dibuka pada tahun 1959 lalu. Dan untuk SEA Games 2023 kali ini akan digelar di Phnom Penh, Kamboja. Terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah adalah pada tahun 2011 lalu. Saat itu, Indonesia masih dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kembali ke cabang olahraga sepak bola putra, sepanjang perhelatan SEA Games ini, Timnas Indonesia ‘baru' juara sebanyak dua kali. Itupun juara tersebut diraihnya lebih dari 30 tahun yang lalu. Juara tersebut didapatkan skuad Garuda pada SEA Games 1987 di Jakarta dan SEA Games 1991 di Manila, Filipina.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Sementara itu, sejak SEA Games 1993 sampai terakhir kali digelar pada tahun 2021 kemarin, skuad Garuda tak pernah meraih gelar itu lagi. Prestasi terbaik yang pernah diraih sejak edisi 1993 itu adalah keluar sebagai runner-up. Tercatat, Timnas Indonesia sudah menjadi runner-up sebanyak tiga kali sejak tahun 1993 itu. Dan runner-up terakhir diraih pada tahun 2019 lalu ketika Filipina kembali bertindak sebagai tuan rumah.

Adapun di edisi sebelumnya yaitu pada tahun 2021 ketika Vietnam menjadi tuan rumah, skuad Garuda Indonesia hanya mampu bertengger di peringkat ketiga.

Menariknya, di tahun 2021 kemarin, Indonesia sejatinya memiliki peluang untuk lolos ke babak final SEA Games 2021. Sayangnya, langkah mereka terhenti dari Timnas Thailand di babak semi-final. Saat itu, Rizky Ridho dkk dikalahkan tim Gajah Perang dengan skor akhir 1-0. Dalam ajang yang sama, Thailand juga pernah menjegal langkah Timnas Indonesia untuk keluar sebagai juara pada tahun 2013. Saat itu, Thailand memaksa Indonesia keluar sebagai runner-up di partai final SEA Games 2013 di Myanmar.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun beruntungnya, untuk SEA Games kali ini, Thailand dan Indonesia berpeluang untuk tergabung di pot yang sama sehingga kedua tim tidak akan berjumpa lebih cepat. Merujuk pada hasil SEA Games edisi sebelumnya (2021), maka pot 1 akan diisi oleh tuan rumah dan juara bertahan – yang dalam hal ini akan ditempati oleh Kamboja (tuan rumah) dan Vietnam (juara bertahan).

Selanjutnya, pot 2 akan diisi oleh peraih medali terbaik di even sebelumnya yaitu Thailand (juara kedua/runner-up) dan Indonesia (juara ke-tiga). Kemudian berlanjut ke pot 3 yang tentunya akan diisi oleh Malaysia (juara keempat) dan Myanmar (peringkat ketiga grup A).

Sementara itu, pot 3 bakal diisi oleh Filipina (peringkat empat grup A) dan Singapura (peringkat tiga grup B). Serta di pot terakhir atau pot 4 akan ditempati oleh Timor Leste (peringkat lima grup A) dan Laos (Laos peringkat lima grup B).

Akan tetapi, meskipun tak tergabung di grup yang sama dengan Thailand, anak asuh Indra Sjafri itu masih memiliki peluang untuk bertemu dengan tim kuat lainnya seperti Timnas Vietnam hingga Malaysia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments