Timnas Indonesia

PSSI Sepakat dengan STY soal Target Indonesia di Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI setuju dengan target Shin Tae-yong bersama di Piala Asia 2023.

Tahun depan, Timnas Indonesia akan kembali beraksi dalam even penting bertajuk Piala Asia 2023. Di event tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu tergabung dalam grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam.

Sekadar diketahui, keikutsertaan Timnas Indonesia di even ini merupakan yang pertama kalinya setelah terakhir kali tampil di tahun 2007 lalu. Saat itu (Piala Asia 2007), Indonesia dan tiga negara Asia Tenggara lainnya terdaftar sebagai tuan rumah untuk ajang itu. Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia menjadi tuan rumah pada Piala Asia 2007.

Sayangnya, meskipun bertindak sebagai tuan rumah, namun Timnas Indonesia hanya mampu finis di peringkat ketiga klasemen akhir grup D. Skuad Garuda berada tepat di bawah Arab Saudi dan Korea Selatan yang masing-masing mengumpulkan 7 dan 5 poin. Alhasil, mereka gugur dan gagal melanjutkan perjalanan di ajang tersebut. Satu-satunya tim tuan rumah yang lolos ke fase knock-out pada Piala Asia 2007 adalah Vietnam. Tapi di babak tersebut, Vietnam tersingkir oleh Timnas Irak yang pada akhirnya keluar sebagai juara pada Piala Asia edisi ke-14 itu.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

Bertahun-tahun kemudian, setelah sekian lamanya hanya menjadi penonton, Indonesia akhirnya kembali ke ajang tersebut. Lewat tangan dingin sang pelatih Shin Tae-yong, skuad Garuda kembali menginjakkan kakinya pada Piala Asia 2023. Piala Asia 2023 di Qatar sendiri merupakan edisi yang ke-18 sejak pertama kali digelar pada tahun 1956 di Hong Kong.

Setelah resmi kembali dan akan beraksi lagi, PSSI sedini mungkin melakukan persiapan maksimal jelang digelarnya even tersebut. Tak main-main, PSSI beberapa waktu lalu mengutus Timnas Indonesia ke Turki untuk melakukan pemusatan latihan disertai dengan uji coba. Untuk uji coba tersebut, Marc Klok dkk akan bermain sebanyak tiga kali melawan Timnas Libya dan Iran. Laga melawan Libya dua kali di Antalya sedangkan laga versus Iran satu kali di Doha Qatar.

PSSI Sepakat dengan STY soal Target Indonesia di Piala Asia 2023
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Tak sekadar latihan serta uji coba saja, namun Shin Tae-yong sebagai pelatih juga jelas-jelas memasang target bagi skuad yang diasuhnya. Di Piala Asia 2023 ini, Shin menargetkan anak asuhnya mampu lolos ke babak 16 besar. Meskipun tergabung dalam grup (D) sulit bersama Timnas Jepang, Irak, dan Vietnam, namun pelatih asal Korea Selatan itu optimis dengan kemampuan skuad yang dimilikinya.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

“Persiapan kita targetnya 16 besar. Untuk itu saya dan seluruh pemain akan berusaha maksimal dan berjuang keras,” terang Shin Tae-yong.

“Indonesia secara ranking FIFA juga paling rendah (di antara ketiga tim lainnya-Red). Namun dalam sepak bola apapun bisa terjadi. Kita juga mohon doa dan dukungan seluruh fans, pendukung, dan rakyat Indonesia agar kami meraih hasil terbaik di Piala Asia 2023,” ujarnya menambahkan.

Menanggapi Shin Tae-yong, PSSI dalam hal ini Zainudin Amali (wakil ketua umum) sepakat dengan ucapan sang pelatih. Amali menyebut target tersebut cukup realistis dan memang itulah yang pihaknya (PSSI) harapkan.

“Tentu sebagaimana yang telah disampaikan oleh coach Shin Tae-yong, dia menargetkan untuk kita lolos ke 16 besar. Itu yang kita harapkan. Federasi tentu harus realistis,” kata Amali.

“Ketua Umum selalu berdiskusi dengan pelatih sejauh mana kemampuan dari anak-anak ini. Kita juga tidak bisa menargetkan hal yang muluk-muluk, sementara kita tidak realistis dengan kondisi kita sendiri,” ucapnya menambahkan.

“Jadi sebagaimana yang disampaikan oleh Coach Shin Tae-yong, dia akan usahakan kita lolos ke 16 besar, ya kita tunggu saja,” pungkas mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid