Timnas Indonesia

Dipanggil Timnas Belanda U-20, Justin Hubner Pilih Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Beberapa waktu lalu, calon pemain naturalisasi Justin Hubner mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Belanda U-20 dalam sebuah laga uji coba. Padahal, proses naturalisasi sang pemain sedang berjalan. Kata rekan eks Exco PSSI Hasani Abdulgani, Justin lebih memilih untuk membela Garuda muda daripada Belanda.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun lalu, proses naturalisasi tiga pemain keturunan sudah mulai dilakukan. Selain Justin yang saat ini berstatus sebagai pemain Wolverhampton Wanderers U-21, PSSI dan Pemerintah RI juga tengah menaturalisasi dua pemain lainnya yakni striker ADO Den Haag Rafael Struick serta gelandang tengah FC Utrecht U-21 Ivar Jenner.

Namun sayangnya, proses naturalisasi tersebut tak kunjung selesai. Padahal, eks Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sempat menargetkan proses naturalisasi tersebut bisa rampung sebelum Piala Asia U-20 agar ketiganya memiliki peluang untuk bermain di even tersebut. Namun sayangnya, sampai even tersebut berjalan, tak ada tanda-tanda bahwa proses naturalisasi tersebut akan selesai.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Satu-satunya petunjuk yang bisa didapatkan terkait proses naturalisasi tersebut adalah Presiden RI Joko Widodo disebut sudah menandatangani persetujuan terkait dinaturalisasinya nama-nama itu. Sejatinya, setelah ditandatangani oleh Presiden maka proses selanjutnya adalah sidang di DPR RI. Namun karena DPR RI masih dalam masa reses, maka proses naturalisasi mereka belum bisa dilanjutkan sampai saat ini.

Di tengah ketidakpastian itu, Justin Hubner ternyata mendapat panggilan dari Timnas Belanda U-20. Ia diminta untuk mengikuti TC jelang antara Timnas Belanda U-20 Vs Timnas Prancis U-20. Pemanggilan tersebut tak lepas dari performa positif bek tengah itu bersama tim reserve Wolverhampton Wanderers U-21.

Kini, yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah Justin akan memilih untuk melepas proses naturalisasinya tersebut? Lantas memenuhi panggilan Timnas Belanda U-20 dengan harapan suatu hari nanti mendapatkan panggilan dari tim seniornya? Laga Belanda U-20 Vs Prancis U-20 memang tidak berpengaruh terhadap proses naturalisasi karena laga tersebut merupakan ajang persahabatan. Namun dengan memenuhi panggilan tersebut, peluang dirinya untuk tampil dengan tim senior Belanda di kemudian hari akan lebih terbuka lebar. Namun resikonya adalah proses naturalisasinya tidak akan dilanjutkan serta ia dipastikan gagal perkuat Indonesia di 2023.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Menurut sumber yang beredar dan berasal dari salah satu rekan eks anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani di Belanda, Justin disebut lebih memilih untuk membela Timnas Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Hasani lewat media sosialnya.

“Pemanggilan Justin Hubner ke Timnas Belanda U-20, pertanda kualitas pemain ini bagus. Menurut kolega di Belanda, Justin lebih memilih membela Timnas Indonesia,” tulis Hasani di akun media sosialnya.

“Bersama federasi kami ingin menyelesaikan masalah status Justin dan pemain lainnya, sehingga mereka segera dapat membela Indonesia. Mohon doa dan supportnya, semoga semua berjalan lancar. Garuda di dadaku,” tambahnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments