Timnas Indonesia

Jadwal Padat, STY Tunjuk Asistennya Tangani Timnas Indonesia di FIFA Matchday kontra Turkmenistan



NOBARTV NEWS – Jadwal padat Shin Tae-yong bersama membuatnya menunjuk sang asisten untuk menukangi tim senior di ajang FIFA Matchday mendatang.

Diketahui, skuad Timnas Indonesia untuk dua kelompok umur akan tampil di dua ajang berbeda. Pertama adalah FIFA Matchday September 2023 dan kedua Kualifikasi 2024.

Untuk ajang FIFA Matchday tersebut, rencananya, Marc Anthony Klok dkk akan berhadapan dengan Timnas Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada 8 September 2023. Adapun untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 tersebut, skuad Garuda muda yang diisi oleh Ramadhan Sananta dkk akan turun dalam grup K bersama Timnas Turkmenistan U-23 dan Timnas Taiwan U-23.

Tiga pertandingan di grup K tersebut akan dimainkan masing-masing pada tanggal 6, 9, dan 12 September 2023. Seluruh pertandingan akan dilakukan di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Melihat jadwal yang cukup padat ini, jelas kalau Shin Tae-yong pasti kewalahan untuk membesut dua kelompok umur tersebut. Apalagi, pertandingan yang akan dimainkan untuk dua tim ini dilakukan di dua tempat yang berbeda. Laga Timnas Indonesia senior di Jawa Timur sedangkan Timnas Indonesia U-23 di Jawa Tengah.

Oleh karenanya, setelah menimbang dengan cukup matang – Shin memilih untuk memberikan mandatnya di skuad Timnas Indonesia senior kepada asistennya yaitu Choi In Cheol. Choi In Cheol akan menukangi skuad Garuda di laga FIFA Matchday tersebut.

Sementara Shin, ia akan fokus di Timnas Indonesia U-23 untuk berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Hal ini menjadi pilihan Shin karena baginya, meloloskan skuad Garuda muda ke Piala Asia U-23 2024 jauh lebih penting daripada fokus bersama Timnas Indonesia senior di FIFA Matchday. Apalagi, ia memiliki sosok yang terpercaya yaitu Choi In Cheol sendiri sebagai penggantinya.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Sulit juga atasi keduanya. Untuk timnas Indonesia senior, coach Choi yang asisten utama kita (yang akan menanganinya),” ungkap Shin Tae-yong.

“Coach Choi sudah tahu taktik yang saya inginkan dan lain-lainnya. Jadi tanggung jawabnya timnas senior. Saya lebih fokus di timnas U-23,” tambah eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Walaupun Shin tak akan turun di FIFA Matchday, namun ia sudah menyiapkan daftar pemain yang akan turun di ajang tersebut. Kemarin, lewat laman resmi PSSI, Shin meminta kehadiran 24 pemain untuk mengikuti TC jelang tampil di FIFA Matchday ini. Dalam daftar 24 pemain tersebut, lima di antaranya merupakan pemain abroad. Lima pemain yang dimaksud adalah Saddil Ramdani (Sabah FC), Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons), Sandy Walsh (KV Mechelen), dan Shayne Pattynama (Viking FK).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid