BRI Liga 1

Hasil Sidang Komdis PSSI: Persib Bandung Didenda 50 Juta Rupiah!



NOBARTV NEWS – Komite Disiplin (Komdis) PSSI telah melakukan sidang pada 14 Maret 2023 kemarin. Komdis telah menetapkan tiga jenis pelanggaran yang dilakukan. Persib menjadi tim paling merugi karena dikenai denda hingga 50 juta rupiah.

Sebagaimana diketahui, Komdis PSSI lewat laman resmi Federasi Sepak Bola Indonesia pssi.org telah merilis jenis hukuman, penerima hukuman, serta jumlah denda yang harus dibayarkan oleh si penerima hukuman tersebut.

Dalam daftar tersebut, hanya Persib satu-satunya klub yang dijatuhi hukuman. Sedangkan dua hukuman lainnya merupakan pemain dan ofisial klub. Pemain yang dimaksud adalah Nurhidayat Haji Haris. Diketahui, Nurhidayat merupakan bek Bhayangkara FC yang sebelumnya menjadi pilihan Shin Tae-yong di . Namun karena tindak indispliner yang pernah ia lakukan, Nurhidayat tak pernah mendapatkan panggilan lagi ke tim nasional.

Sedangkan satu hukuman lainnya diberikan kepada Budi Setiawan selaku ofisial klub Persikabo 1973. Budi menerima hukuman dari Komdis karena ia kedapatan melakukan gestur yang tidak pantas kepada lawannya.

Pelanggaran-pelanggaran yang ditetapkan dalam sidang tersebut terjadi pada 3 sampai 8 Maret 2023.

Dilansir dari pssi.org, berikut hasil sidang Komite Disiplin (Komdis) PSSI pada 24 Maret 2023:

1. Sdr. Budi Setiawan (Ofisial Persikabo 1973)

Pertandingan: Persikabo 1973 vs Bali United FC

Tanggal Kejadian: 3 Maret 2023

Jenis Pelanggaran: menunjukkan gestur jari tengah kepada tim lawan

Hukuman: sanksi denda Rp25.000.000

2. Sdr. Nurhidayat HH (Pemain Bhayangkara FC)

Pertandingan: PSS Sleman vs Bhayangkara FC

Tanggal Kejadian: 6 Maret 2023

Jenis Pelanggaran: melakukan tekel keras kepada pemain lawan (serious foul play) serta mendapatkan kartu merah langsung

Hukuman: tambahan larangan bermain sebanyak 2 pertandingan sejak keputusan diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat; denda Rp10.000.000

3. Tim Persib Bandung

Pertandingan: Persib Bandung vs Persik Kediri

Tanggal Kejadian: 8 Maret 2023

Jenis Pelanggaran: dalam 1 pertandingan mendapatkan 5 kartu kuning

Hukuman: sanksi denda Rp50.000.000

Hasil sidang di atas merupakan kali pertama dikeluarkan oleh Komdis PSSI sejak berganti kepengurusan.

Namun sialnya bagi Persib Bandung, dalam hasil sidang Komite Disiplin sebelum berganti kepemimpinan, ia menjadi salah satu tim yang dikenai denda. Saat itu, dalam Sidang Komdis PSSI 7 Pebruari 2023, Persib kena denda 50 juta rupiah karena suporter mereka melakukan pelemparan botol ke arah suporter lawan yakni PSSI Sleman.

Laga antara Persib Bandung vs PSS Sleman sendiri terjadi pada 5 Pebruari 2023 lalu. Bisa dikatakan, dalam dua sidang Komdis PSSI terakhir, Persib sudah merugi hingga 100 juta rupiah.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid