Timnas Indonesia

Pulang ke Indonesia, Garuda Muda Hanya Raih 3 Kemenangan dari Total 11 Uji Coba di Eropa

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Serangkaian pemusatan latihan dan juga uji coba Garuda muda telah selesai dilakukan. Selama lebih dari satu bulan, Marselino Ferdinan dkk mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Lalu, bagaimana dengan raport mereka selama uji coba di benua Biru itu?

Selama lebih dari satu bulan, U-20 melakukan pemusatan latihan di dua tempat. Pertama di Turki dan kedua di Spanyol.

Dalam pemusatan latihan tersebut, mereka mendapatkan kesempatan melakukan uji coba dengan tim-tim besar. Total, ada 11 pertandingan yang sudah dilakoni skuad Garuda muda. Dari 11 pertandingan tersebut, besar harapan rakyat Indonesia agar para skuad Garuda muda mendapatkan pelajaran dari laga-laga tersebut.

Menariknya, dari 34 pemain yang dibawa Shin ke Eropa, terdapat 4 pemain tambahan yang ikut dalam pemusatan latihan tersebut. Bahkan, keempatnya sudah mendapatkan kesempatan untuk turun di laga uji coba. Mereka adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, Zico Soree, dan Justin Hubner.

Dua dari empat nama tersebut merupakan pemain yang sudah dipastikan akan diproses menjadi WNI atau disebut naturalisasi. Sedangkan dua nama lainnya telah bergabung – namun belum dipastikan apakah mereka mendapatkan kesempatan untuk menjadi WNI.

Berikut raport uji coba Garuda Muda di Eropa:

1. Uji Coba di Turki

Di Turki, Timnas Indonesia U-20 telah melakoni beberapa laga uji coba. Total, 7 laga dipertandingkan oleh Muhammad Ferrari dkk.

a. Garuda Muda Vs Cakallikli Spor

Laga uji coba perdana Timnas Indonesia melawan tim lokal Cakallikli Spor berhasil dimenangkan oleh Garuda muda. Di laga ini, Garuda muda menang dengan skor akhir 2-1.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

b. Garuda Muda Vs Turki U-20

Di hadapan tim tuan rumah, anak asuh Shin Tae-yong tak berdaya. Garuda muda tumbang atas tuan rumah Turki U-20 2-1. Satu-satunya gol Timnas Indonesia dicetak oleh Dony Tri Pamungkas.

c. Garuda Muda Vs Moldova U-20

Garuda muda sukses memenangkan laga perdana ketika melawan Moldova U-20. Jadi, Garuda muda dijadwalkan menantang tim asal Eropa ini sebanyak 2 kali. Di pertemuan pertama Timnas Indonesia menang dengan skor 3-1. Sedangkan di pertemuan keduanya Garuda muda ditahan imbang 0-0.

d. Garuda Muda Vs Antalyaspor U-20

Lewat jual beli serangan yang sangat sengit, Garuda muda berhasil menumbangkan tim muda Antalyaspor. Di laga ini, Timnas U-20 menang tipis 3-2. Brace Marselino Ferdinan dan gol telat Ronaldo Kwateh membuat Garuda muda menang di laga ini.

e. Garuda Muda Vs Baerum SK U-20

Ketika berjumpa tim muda dari klub kasta ketiga , Garuda muda bermain sama kuat 3-3. Di laga ini, dua pemain keturunan Justin Hubner dan Ivar Jenner sudah bergabung.

f. Garuda Muda Vs Al-Adalah FC

Di laga uji coba terakhirnya di Turki, Marselino Ferdinan dkk berkesempatan melawan tim kuat Al-Adalah FC. Al-Adalah merupakan tim asal Saudi Pro League atau kasta tertinggi Liga Saudi Arabia. Sayang, Garuda muda tumbang atas sang lawan 2-0.

2. Uji Coba di Spanyol

Setibanya di Spanyol, Garuda muda mengikuti even Costa Calida Region de Murcia Football Week melawan Timnas Prancis U-20 dan Slovakia U-20. Selain itu, Garuda muda juga berkesempatan melakukan dua uji coba lainnya yaitu melawan tim lokal Spanyol Valerenga U-20 dan Malaga U-20.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

a. Garuda Muda Vs Timnas Prancis U-20

Di laga uji coba perdananya di Spanyol, Timnas Indonesia U-20 langsung berhadapan dengan tim kuat Prancis. Untuk diketahui, Prancis U-20 merupakan salah satu kontestan 2023.

Menghadapi tim kuat ini, Garuda muda tak berdaya. Enam gol digelontorkan ke gawang skuad Garuda muda tanpa mampu dibalas satu gol pun oleh Marselino Ferdinan dkk.

b. Garuda Muda Vs Timnas Slovakia U-20

Di laga keduanya di Spanyol, Garuda muda sudah kedatangan dua pemain baru. Mereka adalah Rafael Struick dan Zico Soree. Menariknya, Rafael langsung mencetak gol ke gawang Slovakia U-20.

Sayang, Timnas Indonesia tumbang atas sang lawan 2-1.

c. Garuda Muda Vs Valerenga U-20

Di laga melawan Valerenga U-20, skuad Timnas Indonesia U-20 kalah telak. Tak tanggung-tanggung, Timnas Indonesia menelan kekalahan dengan skor akhir 4-0.

d. Garuda Muda Vs Malaga U-20

Di uji coba terakhirnya di Spanyol, Garuda muda hanya bermain imbang 0-0.

Dari 11 uji coba tersebut, total Timnas Indonesia hanya mampu meraih 3 kemenangan, 3 imbang, dan 5 kali menelan kekalahan. Mampukah Garuda muda memperbaiki kekurangan-kekurangannya tersebut sebelum berlaga di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 nanti?

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments