BRI Liga 1

Kabar Baik! BRI Liga 1 Akan Bergulir Lagi Akhir November 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS atau kasta tertinggi Liga Indonesia dikabarkan akan segera dilanjutkan dalam waktu dekat. Sebelumnya, kompetisi ini sempat dihentikan buntut dari Tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan 132 jiwa melayang.

Diketahui, 132 korban jiwa berjatuhan akibat berdesakan dan terkena gas air mata. 132 jiwa yang merupakan suporter klub Indonesia Arema FC itu meninggal di berbagai tempat. Ada yang meninggal di stadion dan adapula di rumah sakit.

Meninggalnya ratusan jiwa itu diawali dengan suporter yang tak menerima hasil buruk ketika timnya kalah dari tim tamu Persebaya Surabaya. Saat itu, Arema FC takluk di kandang sendiri dengan skor akhir 2-3. Suporter kemudian merangsek masuk ke dalam stadion.

Namun sampai detik ini, masih ada dua versi kenapa para suporter memasuki lapangan. Pihak keamanan menyebut suporter melakukan tindak kerusuhan dan menyerang pemain sehingga mereka melepas gas air mata. Namun dari kalangan suporter mengkalim bahwa mereka turun untuk memberikan semangat kepada para pemain.

Singkat cerita, tembakan gas air mata itu tetap diberikan. Hal itu kemudian membuat suporter berlari menyelamatkan diri dan akhirnya banyak dari mereka menjadi korban karena terinjak-injak di depan pintu stadion.

Akibat tragedi kelam itu, PSSI – dan juga Presiden RI Joko Widodo menghentikan kompetisi untuk sementara waktu. Sembari menunggu waktu kapan liga akan dimulai, pemerintah RI sudah berkoordinasi dengan FIFA serta AFC.

Tidak selesai sampai di sana, PSSI juga telah didatangi oleh perwakilan AFC dan FIFA pada Kamis, 13 Oktober kemarin. Pertemuan yang juga dihadiri oleh pemerintah RI itu menghasilkan beberapa poin salah satunya adalah pembentukan Satgas transformasi sepak bola Indonesia.

Berikut hasil rapat antara AFC, FIFA, pemerintah RI, dan PSSI terkait timeline kelanjutan bergulirnya BRI Liga 1 musim 2022/2023:

13 Oktober 2022

Pertemuan membahas timeline dan action plan bersama antara PSSI, Pemerintah Indonesia, FIFA, dan AFC di Jakarta.

17 Oktober 2022

Pertemuan antara FIFA dan PSSI, kemudian pertemuan FIFA dan AFC di Kuala Lumpur untuk berkoordinasi.

18 Oktober 2022

Presiden FIFA Gianni Infantino akan melakukan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo di Jakarta.

28 Oktober 2022

Pelaksanaan FIFA Football for School, untuk pertama kalinya memastikan keamanan sepak bola di Indonesia.

15 November 2022

Presiden FIFA Gianni Infantino hadir di gelara G20 yang di Bali untuk menyuarakan Indonesia adalah tempat yang aman untuk ajang internasional dan siap memulai liga.

15-18 November 2022

Pelatihan dan edukasi untuk stakeholders sepak bol. Fase tes kelanjutan Liga 1 2022-2023 (ada pertandingan dan venue yang dipilih nantinya).

25-26 November 2022

Kompetisi Liga 1 2022-2023 mulai berjalan secara keseluruhan (tentative).


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments