Timnas Indonesia

Lakukan Persiapan Dini, Timnas Indonesia U-19 Bakal TC di Benua Eropa Jelang Tampil di Piala Asia & Piala Dunia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Hokky Caraka dkk akan kembali mengasah kemampuannya demi tampil maksimal dalam ajang Piala Asia U-20 2023. Direncanakan, per Sabtu esok, skuad Garuda muda akan memulai pemusatan latihan di Jakarta, kemudian dilanjutkan ke Turki, dan terakhir di negara Eropa Spanyol.

Meski Piala Asia U-20 2023 masih jauh dari jadwal, namun Shin Tae-yong tidak ingin berleha-leha. Pelatih asal Korea Selatan itu meminta agar para anak asuhnya untuk segera mengasah kemampuan dan mentalnya. Tak tanggung-tanggung, dua negara Eropa menjadi pilihan bagi sang arsitek asal Korea Selatan itu.

Padahal, tidak kurang dari satu bulan, Shin baru saja membawa anak asuhnya finis sebagai juara grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 – sekaligus membawa anak asuhnya untuk lolos ke putaran final. Bertempat di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, skuad asuhan STY itu tampil cemerlang dengan menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Secara berturut-turut, Marselino Ferdinan dkk menang atas Timor Leste 4-0, lalu menumbangkan Hongkong 5-1, dan terakhir kandaskan Timnas Vietnam 3-2.

Hasil tersebut membuat Garuda muda finis di posisi puncak klasemen akhir grup F dan membawanya tampil di putaran final Piala Asia U-20 di Uzbekistan tahun depan. Dijadwalkan, turnamen tersebut akan dihelat pada 1 hingga 18 Maret 2023.

“Sebagai rangkaian persiapan turnamen tersebut, PSSI akan melakukan pemusatan latihan,” bunyi keterangan tertulis dari Sekertaris Jenderal PSSI Yunus Nusi yang diterima oleh Persib Bandung.

Persib Bandung sendiri telah mengumumkan bahwa tiga pemainnya akan mengikuti pemusatan latihan tersebut. Mereka adalah Robi Darwis, Kakang Rudianto, dan Ferdiansyah.

“Maka dengan ini PSSI memanggil Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah untuk mengikuti kegiatan Tim Nasional Indonesia,” bunyi surat lanjutan dari PSSI tersebut.

“Diharapkan yang bersangkutan sudah bergabung di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2022,” tutup surat tersebut.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

Dengan demikian, per hari minggu esok atau tanggal 8 Oktober 2022, ketiga nama tadi dan beberapa pemain lainnya akan memulai pemusatan latihan di Jakarta. Di ibukota, Kakang Rudianto dkk hanya akan melakukan pemusatan latihan selama tiga hari sampai tanggal 10 Oktober 2022. Usai dari Jakarta, skuad Garuda muda akan bertolak ke Turki hingga 5 Nopember 2022.

TC terakhir sekaligus terlama akan dilakukan di Negeri Matador Spanyol. Di sana, rombongan U-19 akan melakukan pemusatan latihan hingga tanggal 4 Desember 2022.

Persiapan demi persiapan ini tidak ditujukan untuk Piala Asia U-20 saja namun untuk laga yang jauh lebih penting yakni 2023 yang akan dihelat di Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments