Timnas Indonesia

Lagi, FIFA Cek Kesiapan Venue Piala Dunia U-20 2023, Berikut Catatan untuk Stadion Manahan Solo!



NOBARTV NEWS – Perwakilan FIFA kembali melakukan pengecekan terhadap venue 2023. Kali ini, FIFA mengecek kesiapan Stadion Manahan, Solo. Dalam keterangannya, FIFA memberikan catatan khusus terkait fasilitas yang harus dipenuhi stadion tersebut.

Diketahui, FIFA mengirimkan empat perwakilannya dalam kunjungannya ke Stadion Manahan, Solo, kemarin. Mereka didampingi oleh perwakilan dari PSSI, Kementerian BUMN, Kementerian PUPR, dan pemerintah setempat dalam hal ini Pemkot Surakarta (Solo). Empat perwakilan FIFA tersebut adalah Christian Schmolzer selaku Lead Projeck, Sunny (Venue Manager), Anke Becker (Safety & Security Manager) dan Ross Maclan (Technical Services Manager).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta Rini Kusumandari menjelaskan kehadiran empat orang itu guna memantau venue salah satu stadion yang akan digunakan untuk even Piala Dunia U-20 2023. Sebagaimana diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk even akbar tersebut. Stadion Manahan, Solo menjadi satu dari enam stadion yang akan digunakan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Tim perwakilan dari FIFA itu, didampingi dari perwakilan PSSI, Kemen BUMN, Kemen PUPR, PLN dan pemerintah Kota Surakarta untuk persiapan Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni mendatang,” terang Rini Kusumandari.

Lebih lanjut, Rini mengungkapkan beberapa saran yang diminta oleh perwakilan FIFA tersebut. Secara keseluruhan, FIFA mengucapkan terima kasihnya atas koordinasi yang sudah dilakukan Kementrian PUPR, BUMN, dan seluruh pihak yang terlibat untuk menyemarakkan even akbar tersebut.

Adapun beberapa catatan yang diberikan FIFA adalah terkait akses masuk bus yang akan membawa pemain. Juga terkait lampu penerang stadion.

“Akses masuk bus pemain sudah dalam rencana pekerjaan renovasi yakni pintu di luar stadion akan digeser lurus dengan gate yang di dalam. Jadi pemain langsung diturunkan di gate dalam,” ujar Rini menambahkan.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Kalau lampu penerangan stadion sudah sesuai standart internasional, tetapi listrik perlu ada kenaikan menjadi 630 KVA untuk bisa mencapai beban puncak. Listrik di Stadion Manahan Solo, sekarang 555 KVA sebenarnya sudah cukup.”

“Utusan dari FIFA intinya mengatakan Stadion Manahan Solo sudah baik dan berterima kasih atas koordinasi dan komunikasi semua tim dalam mempersiapkan venue ini,” tutup Kadispora Kota Surakarta itu.

Selain stadion Manahan Solo, lima stadion lain yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023 adalah Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Stadion Gelora Bandung Lautan Api Bandung, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments