Timnas Indonesia

Sah! STY Restui Zico Soree dan Rafael Struick untuk Dinaturalisasi



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong akhirnya mengambil keputusan terkait nasib duo pemain muda Belanda Zico Soree dan Rafael Struick. Setelah menyaksikan keduanya tampil dalam laga uji coba bersama skuad Garuda muda di Spanyol beberapa waktu lalu, sang pelatih merestui keduanya untuk dinaturalisasi.

Diketahui, beberapa waktu lalu, Zico Soree dan Rafael Struick bergabung bersama Timnas U-20 di sela-sela pemusatan latihan bersama Marselino Ferdinan dkk. Saat itu, skuad Garuda muda tengah mengikuti serangkaian pemusatan latihan di Eropa selama kurang lebih dua bulan.

Mereka melakukan pemusatan latihan di dua negara Eropa yakni Turki dan Spanyol. Hanya saja, saat itu Muhammad Ferrari dkk sudah selesai melakukannya di negara pertama yakni Turki. Bahkan, di Turki, skuad Garuda muda melakoni beberapa laga uji coba sebelum akhirnya terbang ke Spanyol.

Ketika tiba di Spanyol, usai melawan Timnas Prancis U-20 di laga uji coba pertamanya di negeri matador itu, Zico Soree dan Rafael Struick datang dan bergabung. Keduanya bahkan langsung diturunkan oleh STY ketika Timnas U-20 berhadapan dengan Timnas Slovakia U-20 dalam ajang Costa Calida Region de Murcia Football Week sekaligus menjadi laga uji coba kedua Garuda muda di Spanyol.

Hasilnya sungguh memuaskan. Penampilan keduanya mendapatkan perhatian khusus dari Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu juga memuji penampilan keduanya. Bahkan, di laga uji coba tersebut, Rafael Struick mencetak satu gol meski pada akhirnya U-20 tumbang 2-1 atas sang lawan.

Zico dan Rafael juga turut di laga uji coba berikutnya sebelum akhirnya pemusatan latihan tersebut berakhir dan dibubarkan.

Beberapa minggu setelah selesainya pemusatan latihan tersebut, Shin Tae-yong akhirnya menyampaikan kabar terbaru. Melalui Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, STY akhirnya menyetujui keduanya untuk dinaturalisasi menjadi WNI. Dengan demikian, keduanya dipastikan masuk ke dalam skuad Garuda muda di 2023. Sebelumnya sudah ada nama Justin Hubner dan Ivar Jenner yang lebih dulu melalui proses naturalisasi.

“Kalau soal itu (Rafael Struick dan Zico Soree) sudah mengajukan ke kami. Tentunya apa yang ditentukan oleh pelatih, kami harus akomodir,” kata Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

Lebih lanjut, Iriawan menyebut masih ada pemain baru lainnya yang akan dijajal oleh Shin Tae-yong. STY akan melihat penampilan serta performanya terlebih dahulu. Jika sesuai dengan kriteria yang diinginkannya, maka ia akan mengikuti jejak Ivar Jenner, Justin Hubner, Rafael Struick, dan Zico Soree.

“Dalam beberapa waktu ke depan, ada calon naturalisasi akan datang untuk dilihat kembali oleh Shin Tae-yong bagaimana performanya. Apa yang diinginkan oleh dia pasti kami akomodir,” tutup pria yang biasa disapa Iwan Bule itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

31 Comments