Timnas Indonesia

Israel Dilarang Berpartisipasi di Piala Dunia U-20 Indonesia, Begini Respon PSSI



NOBARTV NEWS – Timnas Israel U-20 menjadi satu dari 20 kontestan yang sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Akan tetapi, kehadiran mereka ditolak oleh masyarakat kota Solo. Lantas, bagaimana respon PSSI?

Sebagaimana diketahui, dalam waktu dekat ini Indonesia akan menjadi rumah untuk even sepakbola akbar Piala Dunia U-20 2023. Dari total 24 kontestan yang akan berlaga, jumlah tim yang sudah dipastikan lolos baru 20. Hanya AFC (Asia) yang belum menyerahkan daftar peserta karena masih dalam tahap seleksi.

Sementara itu, Eropa, Afrika, Oceania, Conmebol, hingga Concacaf sudah menyerahkan nama perwakilannya. Hanya satu tim asal Asia dari 20 kontestan itu. Adalah Timnas Indonesia. Timnas Indonesia menjadi tim yang dinyatakan lolos karena statusnya sebagai tuan rumah. Adapun Eropa, benua yang disebut-sebut sebagai kiblat sepak bola dunia itu telah memastikan lima perwakilannya. Mereka adalah Timnas Inggris, Prancis, Italia, Slovakia, dan Israel.

Baca Juga:  Statistik dan Raport Skuad Garuda di Laga kontra Arab Saudi, Siapa Paling Menonjol?

Khusus untuk nama terakhir yakni Israel, kedatangan mereka mendapat penolakan dari warga Solo. Pasalnya, mereka dianggap sebagai bangsa penjajah yang tak layak untuk datang ke Indonesia. Dan untuk diketahui, Solo merupakan salah satu venue untuk even Piala Dunia U-20 tersebut. Stadion Manahan Solo menjadi satu dari enam stadion yang sudah dipersiapkan oleh PSSI.

Terkait hal itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir sudah angkat suara. Erick menyebut tugas PSSI hanya sebagai penyelenggara. Terkait penolakan dari banyak orang itu bukanlah urusan PSSI. Erick menyebut urusan itu (penolakan) merupakan domain dari pemerintah karena terkait dengan unsur politik.

“Kemarin sudah ada rapat. Kalau PSSI fokusnya ke penyelenggaraan, kami fokus di situ. Kami juga fokus mempersiapkan timnas, urusan politik itu domain-nya bukan di kami itu jelas domain pemerintah [pusat],” kata Erick Thohir kemarin.

Baca Juga:  Usai Tahan Imbang Arab Saudi, STY Minta Suporter Padati GBK untuk Laga kontra Australia

“Pak Menpora menyatakan sudah ada Host City Agreement, antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah,” ujarnya menambahkan.

Akan tetapi, kata Menpora RI Zainudin Amali, pemerintah akan memberikan jaminan kepada siapapun yang datang ke Indonesia, termasuk kepada para kontestan Piala Dunia U-20 nanti.

“Jadi begini, pemerintah memberikan dukungan penuh kepada penyelenggaraan ini, pak presiden terutama Tentu ada bagian yang ditugaskan untuk menyelesaikan itu, sekarang sedang dikoordinasikan dengan Menkopolhukam. Apakah itu keamanan, hubungan luar negeri dan sebagainya,” kata Zainudin Amali yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

“Sekarang yang menangani adalah Menkopolhukam, benar kata pak Ketum, PSSI tugasnya menyiapkan timnas dan teknis pertandingan. Nanti pada saatnya, pasti Menkopolhukam akan menyampaikan langkah-langkahnya,” ujarnya memungkasi.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Israel Dilarang Berpartisipasi di Piala Dunia U-20 Indonesia, Begini Respon PSSI yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

Belum mendapatkan informasi yang anda cari? silahkan ketik disini:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments