Timnas Indonesia

Berpeluang Jumpa Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Begini Kata Media Asal Vietnam



NOBARTV NEWS – Media asal Vietnam memberikan komentarnya terkait peluang negaranya jumpa dengan di 2026 mendatang.

Seperti yang diketahui, pada Kamis 27 Juli kemarin, AFC telah melakukan Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Drawing tersebut dilakukan di markas mereka di Kuala Lumpur pada Kamis siang waktu setempat. Dalam drawing itu, AFC membagi kontestan menjadi dua bagian. Pertama yaitu untuk Drawing Ronde 1 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan Ronde 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk zona yang sama (Asia).

AFC membagi tim yang berhak masuk ke Ronde 1 maupun 2 berdasarkan peringkat mereka di rangking FIFA. 18 tim terbawah Asia otomatis masuk ke Ronde 1. Di Ronde 1 tersebut, ke-18 tim akan dipertemukan satu sama lain. Pemenang di Ronde 1 berhak melaju ke Ronde 2.

Adapun untuk Ronde 2, tim-tim yang masuk ke ronde tersebut tinggal menunggu siapa tim pemenang dari Ronde 1. Jadi, di Ronde 2, terdapat 8 grup yang setiap grup sudah diisi oleh masing-masing tiga tim. Tim keempat yang bakal mengisi tiap grup itu diambil dari pemenang Ronde 1.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Untuk Timnas Indonesia, skuad Garuda dipastikan melaju lewat Ronde 1. Jika menang di Ronde 1, anak asuh Shin Tae-yong itu dipastikan masuk ke grup F yang sudah diisi oleh tiga tim lainnya.

Sebelum melaju ke Ronde 2 grup F, Timnas Indonesia akan dihadapkan dengan tim sesama Asia Tenggara yaitu Brunei Darussalam. Laga melawan Brunei akan tersaji di dua tempat. Leg pertama akan dimainkan di Indonesia pada 12 Oktober – dan leg kedua di Brunei pada 17 Oktober atau beberapa hari pasca leg pertama.

Jika skuad Garuda lolos dari hadangan Timnas Brunei, maka Marc Klok dkk sudah dinanti oleh tiga tim di grup F Ronde 2 yakni Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina.

Menariknya, dua dari tiga calon lawan Timnas Indonesia di grup F Ronde 2 (jika lolos) merupakan tim yang akan dihadapinya di Piala Asia 2023 mendatang. Ya, di Drawing Piala Asia 2023 yang sudah dilakukan AFC beberapa waktu lalu, skuad Garuda tergabung dalam grup D bersama Timnas Jepang, Irak, dan Vietnam.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Oleh karena itu, kemungkinan skuad Garuda untuk berjumpa (lagi) dengan Vietnam di dua even berbeda mendapat komentar dari media sana (Vietnam). Media tersebut adalah Thethao247.

Dalam pemberitaannya, Thethao247 menyebut timnya dimudahkan karena berpeluang untuk berjumpa dengan Timnas Indonesia – dan dipastikan bertemu dengan Filipina serta Irak.

“Vietnam berada di grup mudah Kualifikasi Piala Dunia 2026,” bunyi judul artikel yang ditulis Thethao247.

“Undian telah membantu Vietnam berada di grup yang nyaman di Kualifikasi Piala Dunia 2026,” isi pemberitaan media tersebut.

“Berada di grup unggulan kedua, Vietnam terhindar dari sejumlah lawan kuat seperti Thailand,” pungkas Thethao247.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid