Timnas Indonesia

Tengah Diproses untuk Jadi WNI, Justin Hubner Malah Dipanggil Perkuat Timnas Belanda U-20 di Laga Uji Coba

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Secara mengejutkan, calon pemain U-20 Justin Hubner dipanggil untuk memperkuat Timnas Belanda dalam sebuah laga uji coba. Pemanggilan tersebut dalam rangka uji coba Timnas Belanda U-20 melawan Timnas Prancis U-20.

Sebagaimana diketahui, Justin Hubner merupakan satu dari tiga pemain yang diproyeksikan tampil di 2023. Ketiganya termasuk Ivar Jenner dan Rafael Struick diharapkan tampil memperkuat Garuda muda di even tersebut. Secara kebetulan, ke-tiganya memiliki garis keturunan Indonesia sehingga PSSI bekerjasama dengan Pemerintah RI melakukan proses naturalisasi kepada ketiga pemain tersebut.

Sebelumnya, PSSI dan Pemerintah RI sudah berhasil menaturalisasi tiga pemain senior yakni Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Sandy Walsh (KV Mechelen), dan Shayne Pattynama (Viking FK). Dinaturalisasinya tiga pemain tersebut untuk tampil di Piala Asia 2023. Intinya, dinaturalisasinya pemain keturunan memiliki tujuannya masing-masing. Begitu juga dengan Justin Hubner dkk sendiri.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Namun anehnya, di saat proses naturalisasi Justin Hubner dkk sedang berjalan, ia justru mendapatkan panggilan dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) untuk memperkuat The Jong Oranje dalam sebuah laga uji coba. Justin masuk dalam daftar pemain yang diminta untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Belanda U-20.

Pengumuman ini tentu menjadi tanda tanya besar. Pasalnya, pemain yang bersangkutan sedang diproses untuk menjadi WNI namun di satu sisi mendapatkan panggilan untuk memperkuat negara kelahirannya. Untuk diketahui, Hubner memang sempat memperkuat Timnas Belanda usia muda yakni U-19. Namun dengan keputusan sang pemain untuk dinaturalisasi sebagai WNI seharusnya membuat KNVB tidak memanggilnya lagi.

Pemanggilan tersebut membuat netizen ketar-ketir. Pasalnya, dengan proses naturalisasi yang belum rampung, bisa saja Justin Hubner memutuskan untuk membatalkan proses naturalisasi tersebut. Dan jika itu terjadi, tentu hal ini membuat Timnas Indonesia sangat dirugikan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Meski demikian, pemanggilan tersebut bersifat . Jadi, meskipun nantinya Hubner memenuhi panggilan tersebut dan ikut bermain, hal itu tidak akan memengaruhi proses naturalisasi yang saat ini sedang berjalan.

Lucunya, lawan yang akan dihadapi Timnas Belanda yakni Prancis U-20 sudah pernah dijumpai oleh Justin Hubner sebelumnya. Jadi, ketika skuad Garuda muda melakukan laga uji coba di Eropa beberapa waktu lalu, anak asuh Shin Tae-yong itu berkesempatan melawan Timnas Prancis U-20.

Saat itu, Justin Hubner turun bersama skuad Garuda muda. Bahkan, pemain Wolverhampton Wanderers U-21 itu dimainkan sepanjang pertandingan. Sayang, di laga itu Justin Hubner dkk dikalahkan dengan skor akhir 6-0.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments