Timnas Indonesia

Pasca Coret 7 Pemain dari TC Timnas U-17, PSSI Bakal Panggil 6 Pemain Diaspora Baru



NOBARTV NEWS – Pasca mencoret tujuh pemain dari pemusatan latihan (TC) U-17, PSSI berencana untuk kembali memanggil 6 pemain diaspora lainnya untuk mengikuti TC tersebut.

Sebagaimana diketahui, sejak Senin 10 Juli kemarin, PSSI telah memanggil 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan tahap awal yang akan berlangsung sampai bulan Agustus mendatang. Tak hanya TC saja, para pemain yang dipanggil itu akan mengikuti beberapa laga uji coba sebelum melanjutkannya di Eropa.

Menariknya, dalam proses TC Timnas U-17, PSSI menerapkan sistem promosi dan degradasi. Jadi, beberapa hari TC berjalan, pemain yang tidak sesuai kriteria akan dipulangkan dan sebagai gantinya, PSSI akan memanggil pemain baru untuk bergabung di TC tersebut.

Pemain baru yang dipanggil sudah didata dari berbagai sumber. Pertama, sumber pemain baru adalah para diaspora yang saat ini berada di luar negeri. Kedua, pemain baru – atau sebut saja promosi akan didatangkan dari hasil seleksi yang dilakukan PSSI di 12 kota berbeda se-Indonesia. Jadi, selain melakukan TC sejak 10 Juli kemarin, PSSI beserta staf pelatih Timnas Indonesia didukung oleh Asprov PSSI melakukan seleksi di berbagai tempat se-Indonesia. Nantinya, para pemain yang lolos seleksi tersebut diperbolehkan untuk mengikuti pemusatan latihan bersama pemain yang sudah lebih dulu berada di Jakarta. Agar mudah dipahami, pemain-pemain hasil seleksi inilah yang disebut sebagai pemain promosi.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Dan setelah beberapa minggu TC Timnas U-17 tahap pertama berjalan, Bima Sakti resmi memulangkan tujuh pemain. Sekadar diketahui, dari 34 pemain awal yang dipanggil pada 10 Juli itu, enam di antaranya merupakan pemain diaspora atau keturunan. Dan dalam pencoretan tujuh pemain kemarin, 4 di antaranya merupakan pemain keturunan. Dengan demikian, tersisa dua pemain keturunan ditambah dengan 25 pemain lokal sehingga total masih tersisa 27 pemain di TC Timnas U-17 saat ini.

Kemarin, PSSI melalui Ketua Umum Erick Thohir menyebut pihaknya akan menambah jumlah pemain yang akan mengikuti TC tersebut. Rencananya, PSSI akan mendatangkan enam pemain diaspora sekaligus.

“Ada tujuh nama yang dipulangkan oleh Coach Bima kemarin setelah gim internal. Akan dipanggil tujuh nama lagi,” kata Indra Sjafri selaku pendamping Bima Sakti.

“Termasuk ada pemain diaspora yang dipulangkan alias dicoret,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Adapun Erick, seperti yang disebutkan di atas tadi, ia menyebut PSSI akan segera memanggi pemain diaspora tersebut demi menemukan talenta terbaik yang akan bermain di nanti.

“Untuk pemain diaspora kemarin, dari 6 terseleksi 2. Ya nanti biar tim pelatih yang mengumumkan,” kata Erick Thohir.

“Lalu panggil enam lagi pemain diaspora. Jadi semua talenta terbaik Indonesia yang berada di tempat lain mau bergabung,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment