Timnas Indonesia

Timnas U-20 Jalani 6 Uji Coba Selama Pemusatan Latihan di Eropa, Salah Satunya Lawan Tim Nasional



NOBARTV NEWS – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri memberi kabar bahwa di Eropa, Marselino Ferdinan dkk akan melakoni enam laga uji coba. Satu di antaranya merupakan tim nasional sedangkan lima lainnya merupakan klub lokal di sana.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, U-20 yang dipimpin langsung oleh Shin Tae-yong telah berangkat menuju Eropa. Destinasi awal yang dituju oleh skuad Garuda muda adalah Turki. Selain melakukan pemusatan latihan di negeri yang dikenal dengan sebutan dua benua itu, skuad Garuda muda juga akan melanjutkan pemusatan latihan di Spanyol.

Di dua negara tersebut, Marselino Ferdinan dkk tidak hanya melakukan pemusatan latihan. Mereka juga akan mengikuti serangkaian uji coba demi mengasah mental dan fisik sebelum berlaga di event yang amat penting.

Dijadwalkan, Garuda muda akan mengikuti dua event penting yaitu Piala Asia U-20 2023 dan 2023. Atas dasar itulah, PSSI dan Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan di Eropa. Eropa dianggap sebagai kiblat sepak bola terbaik sejauh ini. Atas dasar itulah, STY dan PSSI memutuskan Marselino Ferdinan dkk berlatih di sana.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Di Piala Dunia U-20 nanti, Timnas Indonesia tidak hanya dipertemukan dengan tim asal Asia saja, tapi Afrika, Eropa, Amerika, hingga Amerika Latin. Tim-tim muda terbaik di zonanya masih-masing akan saling berhadapan di pagelaran tersebut. Sebagai tuan rumah, Indonesia tentu tidak ingin sekadar numpang nama saja.

Dalam penjelasannya, Indra Sjafri mengungkapkan bahwa Garuda muda akan memainkan enam laga ujicoba.

“Awalnya uji cobanya ada empat tim, lalu kami tambah dua jadi enam tim,” ujar Indra Sjafri.

Lebih lanjut, Indra memaparkan bahwa PSSI akan segera merilis calon tanding skuad Garuda muda itu.

“PSSI nanti akan merilis siapa saja lawan Timnas U-20 Indonesia di Eropa, tapi salah satunya itu melawan negara,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, PSSI telah memberangkatkan 34 pemain ke Eropa. Mayoritas pemain yang dibawa adalah para alumni skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 kemarin. Nama-nama familiar masih menghiasi skuad Garuda muda. Sebut saja seperti Marselino Ferdinan, Muhammad Ferrari, Kakang Rudianto, Robi Darwis, hingga Hokky Caraka.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Nama-nama di atas hampir bisa diprediksi akan menjadi pemain inti Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 nanti. Namun untuk Piala Dunia U-20, belum ada yang bisa mengetahui (pemain inti) karena bisa dipastikan PSSI akan mendatangkan beberapa pemain naturalisasi untuk mengisi skuad Garuda muda. Dengan demikian, persaingan antar pemain lokal dan naturalisasi akan semakin sengit jelang Piala Dunia U-20 nanti. Akan tetapi sekitar satu bulan yang lalu, STY pernah membocorkan dua nama pemain muda yang dijamin akan menjadi pemain inti di Timnas Indonesia ketika berlaga di Piala Dunia U-20 nanti. Mereka adalah Marselino Ferdinan dan Muhammad Ferrari.

“Performa dia bagus di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Muhammad Ferrari saya proyeksikan sebagai pemain inti di Piala Dunia U-20 2023. Jadi Ferrari dan Marselino harus menjadi tim inti dan pemimpin di skuad nantinya,” ujar Shin saat itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid