Timnas Indonesia

Ogah Jadi Pemain Cadangan Timnas Belanda, Bek Muda Vitesse Kaya Symons Lebih Pilih Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


Ogah Jadi Pemain Cadangan Timnas Belanda, Bek Muda Vitesse Kaya Symons Lebih Pilih Timnas Indonesia
Kaya Symons

NOBARTV NEWS – Satu talenta muda asal Belanda mengaku terang-terangan ingin membela . Adalah Kaya Symons, pemain muda Vitesse itu secara gamblang memilih Timnas Indonesia daripada bermain untuk timnas Belanda. Alasan Symons memilih Indonesia sangat masuk akal. Daripada menjadi penghangat bangku cadangan The Oranje, ia lebih memilih untuk membela tanah kelahiran kakeknya yakni Timnas Indonesia.

Sampai detik ini, Kaya Symons memang belum mendapatkan panggilan untuk Timnas Indonesia maupun Timnas Belanda senior. Namun sepanjang karirnya, pemain berusia 17 tahun ini ternyata sudah mendapatkan menit bermain untuk Timnas Belanda kelompok umur. Saat itu, Symons dipercaya untuk membela Timnas Belanda U-15, U-17, dan U-18.

Saat ini, Symons menjadi salah satu pemain tim muda Vitesse U-21. Klub yang dibela Symons merupakan tim muda Vitesse yang bermain di kasta tertinggi atau Eredivisie.

Dalam wawancara terbarunya dengan Kumparan, pemain yang bisa bermain sebagai bek tengah dan kiri ini berbicara banyak hal tentang garis keturunannya. Ia memiliki garis keturunan dari kakeknya yang merupakan orang Medan. Sang kakek merantau ke Belanda sehingga ayah Symons merupakan half blood.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Ada fakta menarik yang diceritakan oleh Symons ketika ia mengunjungi tanah kelahiran sang kakek. Pada tahun 2019 lalu, Symons mencari tempat besar sang kakek. Namun setibanya di sana, tempat yang disebut tersebut ternyata sudah tidak ada.

“Dia datang dari Medan. Saya pernah ke sana pada 2019 untuk berlibur. Saya dan saudara saya datang dan melihat tempat kakek saya berasal. Saya kira ada banyak perubahan karena tempat di mana kakek saya berasal ternyata sudah tidak ada,” cerita Symons.

Dalam wawancara tersebut, Symons mengaku tertarik dengan antusiasme suporter Indonesia. Sebuah hal yang tidak pernah ia lihat ketika bermain di Belanda. Di Belanda, ketika Timnas kelompok umur bermain, hanya beberapa keluarga pemain yang datang ke stadion. Namun di Indonesia, ketika Timnas Indonesia bermain, meski itu hanya kelompok umur, mereka mendapatkan sambutan dan dukungan penuh dari suporternya.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

“Saya bicara ke Jim [Croque] dan dia bilang sangat ‘gila'. Dia bilang bahkan untuk tim U-19 saja ketika bermain atmosfernya sangat gila. itu adalah sesuatu yang membuat saya sangat senang,” tambahnya lagi.

Untuk diketahui, Jim Croque merupakan pemain keturunan yang sempat dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19. Sayang, berdasarkan pengamatan Shin, Jim disebut belum layak untuk membela Garuda muda.

Symons bercerita bahwa untuk bermain di Timnas Belanda sangat sulit untuknya. Sehingga atas dasar itulah ia cukup realistis dan berharap suatu hari nanti dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia.

“Ya, karena saya pikir untuk bermain di tim senior Belanda agak enggak mungkin, levelnya terlalu tinggi buat saya, jadi saya lebih memilih Indonesia,”

Sampai detik ini, Symons menyimpan harapan untuk membela tanah kelahiran sang kakek. Meski saat ini PSSI belum memanggilnya, namun di masa yang akan datang, Symons tetap menanti panggilan tersebut.

“Enggak pernah, mereka belum pernah hubungi saya. mungkin di masa depan,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments