BRI Liga 1Timnas Indonesia

Liga 1 Musim 2023-2024 Menyesuaikan dengan Agenda Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Jadwal pertandingan Liga 1 musim 2023-2024 akan menyesuaikan dengan agenda .

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2023 ini, skuad Garuda di berbagai kelompok umur memiliki beberapa agenda penting yang harus diikuti. Saat ini saja, skuad Timnas U-22 sedang berlaga di even SEA Games 2023. Even tersebut tengah berlangsung di Kamboja.

Sedangkan untuk tim senior, usai melakukan agenda pertamanya pada 2023 dengan laga FIFA Matchday bulan Maret kemarin, masih ada beberapa even serupa yang akan diikuti oleh Jordi Amat dkk. Pada bulan Juni dan September mendatang, skuad asuhan Shin Tae-yong itu juga akan bermain dalam ajang FIFA Matchday. Selain itu, Timnas senior juga akan bermain di 2026 dari putaran pertama yang akan berlangsung sejak 12 Oktober 2023 mendatang. Serta di tahun depan, Jordi Amat dkk akan kembali tampil di ajang Piala Asia 2023.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Adapun untuk Timnas Indonesia U-23, skuad yang juga dipimpin oleh STY itu akan berlaga di dua even penting. Pertama adalah Kualifikasi 2024 yang akan berlangsung pada 4 sampai 12 September 2023. Lalu ada even kedua yakni yang akan dibuka pada 23 September 2023.

Padatnya jadwal tersebut membuat PSSI berencana untuk membuat jadwal Liga 1 dengan menyesuaikannya terhadap pelaksanaan even-even yang akan diikuti Timnas Indonesia itu. Kemungkinan, Liga 1 musim depan akan berakhir molor.

“Ada FIFA Matchday, kami juga ada Asian Games 2023 di Hangzhou langsung kemudian menyambut Kualifikasi Piala Dunia. Nah, ini kepada liga saya juga sudah disepakati [kickoff Liga 1] tanggal 1 Juli berakhir April, kemungkinan bergeser sedikit karena di tahun depan bulan Januari ada Piala Asia di Qatar,” kata Erick Thohir dalam konferensi persnya Jumat kemarin.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Nah liga tidak keberatan [Liga 1 bergulir] Juli [2023] sampai Mei [2024]. Karena selama Asian Games, Piala Asia, semua pertandingan di liga [Indonesia] tidak bermain,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, kata Erick lagi, penyesuaian jadwal tersebut dilakukan agar pemain Timnas Indonesia yang berkarir di Liga 1 bisa ditarik (ke tim nasional) tanpa memberatkan klub.

“Itu supaya pemain bisa ditarik semua [ke Timnas Indonesia]. Mulai minggu depan kami akan berkirim surat juga kepada pemain yang bermain di luar negeri, kami tidak boleh mendadak memanggil mereka,” ujar Erick lagi.

“Klub di dalam dan luar negeri harus punya persiapan karena mereka perlu berprestasi. Inilah mengapa konteks hari ini ingin merapikan jadwal timnas dan liga untuk menyiapkan diri untuk kalender yang ada,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments