Timnas Indonesia

Rahmad Darmawan Persilakan Bagas Kaffa Bela Timnas U-23 dengan Satu Syarat



NOBARTV NEWS – Pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan mempersilakan Indra Sjafri untuk memanggil bek sayap kanannya Bagas Kaffa. Akan tetapi, sang pelatih memiliki satu persyaratan kepada jika ingin menggunakan pemain andalannya itu.

Sebagaimana diketahui, TC Timnas U-22 sebagai persiapan untuk tampil di SEA Games 2023 baru saja berakhir. TC yang dilakukan selama dua mingguan itu dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilakukan pada 1 Maret sampai 8 Maret. Adapun gelombang kedua juga telah dilakukan sejak 9 sampai 16 Maret kemarin.

Dalam pemusatan latihan gelombang pertama, Indra memanggil 34 pemain. Hasil dari pemusatan latihan tersebut adalah Indra mencoret 17 pemainnya. Namun di pemusatan latihan kedua, ke-17 pemain yang lolos di gelombang pertama tadi mendapatkan tambahan rekan baru. Jadi, di pemusatan gelombang kedua, Indra kembali membawa 17 pemain baru sehingga total jumlah pemain yang mengikuti TC gelombang kedua tetap sebanyak 34 orang.

Pemusatan latihan tersebut belumlah usai. Sebab Indra akan kembali melakukan TC lanjutan pada akhir Maret ini. Di akhir Maret tersebut atau paling telat awal April 2023, pemain yang dinyatakan lolos di gelombang kedua akan memiliki rekan baru. Rekan-rekan baru yang dimaksud adalah mereka para pemain Liga 1 yang bermain reguler dan kompetisi.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Salah satu pemain yang kemungkinan bergabung di TC awal April itu adalah Bagas Kaffa. Selain tampil apik bersama Barito Putera, Bagas juga merupakan eks pemain Timnas Indonesia U-19. Namun karena ia bermain reguler bersama klubnya, ia pun tak bisa dipanggil Indra Sjafri dalam pemusatan latihan gelombang pertama maupun kedua kemarin.

Pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan mengaku akan tetap memberikan dukungannya andai Bagas diminta untuk bergabung ke TC Timnas Indonesia April nanti. Sebagai pelatih yang pernah menangani tim nasional, Rahmad paham betul bagaimana kebutuhan pelatih. Oleh sebab itu, tanpa ragu ia akan memberikan pemainnya termasuk Bagas andai ia dibutuhkan oleh tim nasional.

“Bagas ke timnas menurut saya kami selalu support untuk timnas,” kata Rahmad Darmawan.

“Saya juga pernah merasakan menjadi bagian dari pelatih timnas yang membutuhkan pemain-pemain dari klub,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Akan tetapi, eks pelatih Rans Nusantara FC itu meminta satu syarat andai Timnas Indonesia ingin menggunakan pemainnya tersebut. Satu-satunya syarat yang dimaksud adalah adanya komunikasi yang baik antara klub dan timnas. Jika hal itu (komunikasi) terjalin dengan baik, maka ia akan ikhlas melepas pemainnya.

“Yang penting ada komunikasi antara klub dan timnas, kami merelakan untuk bergabung. Sekali lagi, kami berikan untuk timnas yang terbaik.”

Sementara itu, Bagas Kaffa yang ditemui di waktu yang sama mengungkapkan dirinya saat ini tengah fokus untuk membela klubnya. Ia fokus untuk klubnya terlebih dahulu agar nantinya, jika ia dipanggil ke tim nasional, saudara kembar Bagus Kahfi itu bisa memberikan 100 persen kemampuannya.

“Saya fokus ke tim dulu karena mungkin belum ada panggilan. Jadi, saya kalau dipanggil juga siap memberikan 100 persen. Untuk saat ini, saya fokus di tim,” kata Bagas.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments