Timnas Indonesia

Pecah Telur! Skuad Garuda di Bawah STY Akhirnya Bisa Menang atas Thailand



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong akhirnya berhasil mempersembahkan kemenangan perdananya atas Timnas Thailand. Sebelumnya, Shin tak pernah menang ketika berjumpa dengan negara sesama Asia Tenggara itu.

Sebagaimana diketahui, pada malam hari tadi, bertempat di Rayong Province Stadium, skuad Garuda berhadapan dengan Thailand U-23 di semifinal U-23 2023. Keberhasilan U-23 mencapai babak semifinal tak lepas dari statusnya sebagai runner-up terbaik Piala AFF U-23.

Tergabung dalam grup B bersama Malaysia U-23 dan Timor Leste U-23, anak asuh Shin Tae-yong itu berhasil memenangkan satu pertandingan dan sisanya menelan kekalahan. Kemenangan itu dicatatkan atas Timnas Timor Leste U-23. Gol tunggal Ramadhan Sananta mengantarkan skuad Garuda menang atas sang lawan. Adapun ketika melawan Timnas Malaysia U-23, skuad Garuda menyerah dengan skor akhir 1-2. Dua gol dari Fergus Tierney membuat Ramadhan Sananta dkk menyerah di laga itu.

Sementara untuk Timnas Thailand U-23, dari seluruh laga yang dipertandingkan di grup A, sang tuan rumah menyapu bersih seluruh laga dengan kemenangan. Oleh karenanya, sembilan poin sempurna yang didapatkannya itu mengantarkan mereka ke semifinal Piala AFF U-23 untuk berjumpa dengan Timnas Indonesia U-23.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Dan dalam pertandingan semifinal yang dilangsungkan pada malam hari tadi itu, skuad Garuda berhasil mengalahkan sang lawan dengan skor telak 1-3. Tiga gol skuad Garuda dicetak oleh Kelly Sroyer pada menit ke-10, Muhammad Ferrari di menit 23 dan gol bunuh diri dari pemain lawan Natcha Promsomboon. Adapun untuk pemain lawan Thailand U-23, satu-satunya gol yang tercipta berhasil dikemas oleh Chudit Wanpraphao di menit 27.

Kemenangan tersebut jelas sangat istimewa karena beberapa hal. Pertama, skuad Garuda berhasil mengalahkan sang lawan di kandang mereka sendiri. Kedua, skor pertandingan yang sangat besar membikin skuad Garuda lebih termotivasi untuk menatap laga berikutnya. Ketiga, kemenangan tersebut juga membuat Timnas Indonesia U-23 lolos ke partai puncak Piala AFF U-23. Terakhir – kemenangan atas Thailand, bagi Shin Tae-yong lebih istimewa dari sebelumnya.

Untuk alasan terakhir, wajar bagi Shin Tae-yong merasa bangga. Sebab dari beberapa kali bertemu dengan Timnas Thailand di berbagai kelompok umur dengan STY sebagai pelatihnya, skuad Garuda tak pernah menang. Barulah pada malam hari tadi, kemenangan tersebut akhirnya dicatatkan untuk pertama kalinya.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Termasuk Malam Tadi, Berikut Hasil Timnas Indonesia vs Thailand di bawah Shin Tae-yong:

2022

Timnas Indonesia (2) Vs Thailand (2)

Piala AFF 2020

Thailand (4) Vs Timnas Indonesia (0)

Piala AFF 2020

Timnas Indonesia (2) Vs Thailand (2)

SEA Games 2021

Thailand (1) Vs Timnas Indonesia U-23 (0)

Piala AFF U-19 2022

Timnas Indonesia U-19 (0) Vs Thailand (0)

Piala AFF 2022

Timnas Indonesia (1) Vs Thailand (1)

Piala AFF U-23 2023

Timnas Indonesia U-23 (3) vs Thailand (1)

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid