Timnas Indonesia

Tak Ingin Rangking FIFA Merosot, Erick Thohir Ragu Mainkan Timnas U-23 di FIFA Matchday Mendatang

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Beberapa waktu lalu, muncul sebuah wacana untuk menurunkan Timnas U-23 di FIFA Matchday September mendatang. Namun kabar itu ditepis oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Erick mengaku ragu untuk menurunkan skuad Timnas U-23 karena takut peringkat Indonesia merosot.

Sebagaimana diketahui, pada bulan Juni mendatang, pimpinan Shin Tae-yong bakal kembali turun dalam sebuah ajang resmi. Laga bertajuk FIFA Matchday tersebut merupakan agenda kedua Timnas Indonesia senior untuk tahun 2023 ini.

Agenda pertama bertajuk FIFA Matchday sudah dilangsungkan pada bulan Maret kemarin. Saat itu, Timnas Indonesia berhadapan dengan tim asal Afrika Burundi dalam dua pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Dalam dua laga tersebut, skuad Garuda berhasil mengalahkan sang lawan di laga pertamanya dengan skor telak 3-1. Adapun di pertandingan keduanya, Timnas Indonesia dan Burundi bermain imbang 2-2.

Seharusnya, usai FIFA Matchday melawan Burundi tersebut, sang pelatih Shin Tae-yong akan disibukkan dengan agenda bersama Timnas Indonesia U-20. Bersama tim muda tersebut, STY memiliki agenda penting yaitu 2023. Namun sayangnya, karena FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah, maka hak untuk tampil lewat jalur tersebut (tuan rumah) pun dinyatakan gagal.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Oleh sebabnya, skuad Garuda muda yang diproyeksikan tampil pun kini sudah dibubarkan. Sang pelatih Shin Tae-yong juga dikabarkan telah pulang ke negaranya. Dan sejak kini, STY hanya akan memokuskan dirinya untuk membesut Timnas senior dan U-23 saja.

Bersama Timnas senior, seperti yang disebutkan di awal tadi, Shin akan kembali membesut Jordi Amat dkk di FIFA Matchday Juni mendatang. Salah satu lawan yang sudah dipastikan untuk bulan tersebut adalah Timnas Palestina. Untuk satu lawan lainnya di periode tersebut (Juni 2023), PSSI masih melakukan penjajakan dengan beberapa tim lainnya.

Selain pada bulan Juni, Timnas Indonesia juga akan memainkan FIFA Matchday pada bulan September. Dan untuk bulan September ini, tersiar kabar kalau skuad yang akan diturunkan adalah Timnas U-23. Menurut rumor yang beredar, diturunkannya pemain Timnas U-23 adalah sebagai persiapan mereka sebelum tampil di . Namun lewat jumpa pers Jumat kemarin (28/04), Erick Thohir memastikan kalau tim yang akan diturunkan tetap skuad senior.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“FIFA Matchday di Juni 2023 ini yang bertanding itu tetap timnas Indonesia senior. Nanti saya akan umumkan secara resmi jika memang sudah fix jadwal pertandingannya,” kata Erick Thohir.

“Namun yang pasti kami membutuhkan dua pertandingan,” tambahnya.

Erick lantas menyinggung FIFA Matchday pada bulan September 2023 itu.

“Sempat ada argumentasi tadi di FIFA Matchday September kalau bisa yang bermain itu U-23. Tapi ada pertanyaan selanjutnya dan sedang dihitung secara matang resiko bermain atau tidak bermain,” kata Erick.

Erick menunjukkan ketidakyakinannya jika pemain yang diturunkan adalah Timnas U-23. Sebab jika pemain muda yang diturunkan, maka sudah pasti Timnas Indonesia tidak akan diperkuat oleh pemain terbaiknya. Sementara itu, FIFA Matchday merupakan agenda penting untuk meningkatkan peringkat Indonesia di rangking FIFA.

“Kenapa karena kalau mayoritas pemainnya U-23 artinya kami tidak bisa menurutnkan tim terbaik di FIFA Matchday September 2023. Kalau tidak maksimal, ya bisa merosot rangkingnya.”

“Nah ini sedang dihitung ulang semuanya, insya Allah minggu depan lebih mantapkan lagi,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment