Timnas Indonesia

Demi Timnas, Iwan Bule Rela Mundur & Minta STY Tetap sebagai Pelatih

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Mochamad Iriawan akhirnya buka suara terkait ancaman STY untuk mundur (sebagai pelatih) jika dirinya sudah tidak menjadi Ketua Umum PSSI lagi. Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu meminta STY tidak angkat kaki demi perkembangan .

Diketahui sebelumnya, Shin Tae-yong sempat mengancam akan pergi dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia jika Iriawan mundur sebagai ketua umum PSSI. Hal itu STY putuskan karena ia menganggap bahwa dirinya dan Iriawan beserta staf pelatih Timnas Indonesia merupakan satu tim. Maka jika satu orang yang kena masalah, maka yang lain harus menerima konsekuensinya secara bersama-sama.

Iriawan sendiri diminta mundur sebagai ketua umum PSSI sebagai bentuk tanggung jawab moral imbas dari Tragedi Kanjuruhan. Ia dan jajarannya dianggap sebagai salah satu pihak yang harus bertanggungjawab dari tragedi yang menewaskan lebih dari ratusan jiwa itu.

Meski dianggap sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab, pihak kepolisian sendiri sudah menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam tragedi ini. Mereka adalah Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, Media Officer Suko Sutrisno, Panpel Arema Abdul Haris, dan tiga oknum kepolisian.

Sejauh ini, Iriawan hanya berstatus sebagai saksi. Esok, ia akan memenuhi panggilan kepolisian Polda Jatim. Di minggu lalu, ia sempat dipanggil namun mangkir dengan alasan tengah disibukkan dengan agenda PSSI bersama FIFA.

Dan baru-baru ini, purnawirawan Polri bintang tiga itu pun angkat suara terkait rencana Shin untuk mundur sebagai pelatih jika dirinya tidak menjadi ketua umum PSSI lagi.

“Nanti dia kembali [dari Eropa] akan kita sampaikan. Kan sekarang masih di Turki,” ujar Mochamad Iriawan Selasa kemarin.

Terkait rencana STY untuk mundur dari kursi kepelatihan, dengan tegas Iriawan melarang. Ia merasa iba jika nanti Shin hengkang di saat perfoma anak asuhnya sedang naik-naiknya. Terlebih, sangat disayangkan jika ia pergi karena dalam waktu dekat ini skuad Garuda muda bakal turun di Piala Asia U-20 dan 2023.

Kata Iriawan, prestasi Shin bersama Timnas Indonesia tengah dinantikan oleh banyak penikmat sepakbola Indonesia. Dengan tegas, ia mengaku legowo dan mengalah jika nantinya ia tidak menjadi ketua umum PSSI lagi.

“Tidak usahlah, kan anak-anak kasihan. Mau Piala Dunia U-20, prestasi ditunggu oleh publik. Biarkan saya sajalah. Shin biar tetap bekerja dengan Timnas kita berlatih,” tutup Shin.

Terkait pergantian kepemimpinan di tubuh federasi sepakbola tertinggi di Indonesia ini, PSSI mengatakan pihaknya telah mengirim surat kepada FIFA untuk segera melakukan KLB. Di Kongres Luar Biasa PSSI tersebut, akan dipilih siapa penerus tonggak kepemimpinan PSSI berikutnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

17 Comments