Timnas Indonesia

Bima Sakti Pede Arkhan Kaka dkk Lolos ke 16 Besar: Sudah Terlanjur Basah



NOBARTV NEWS – Pelatih U-17 Bima Sakti percaya diri untuk bisa membawa timnya lolos ke babak 16 besar 2023.

Tadi malam, Arkhan Kaka dkk memainkan laga keduanya dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Tergabung dalam grup A pada even internasional tersebut, anak asuh Bima Sakti itu baru saja bertemu dengan Timnas Panama U-17.

Sebelumnya, pada matchday pertama 10 November lalu, skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) berjumpa dengan Timnas Ekuador U-17. Di laga melawan Ekuador U-17 itu Timnas Indonesia ditahan imbang dengan skor akhir 1-1. Gol Arkhan Kaka di babak pertama langsung dibalas oleh sang lawan beberapa menit sesudahnya. Hasil tersebut membuat skuad Garuda hanya mendapat satu poin di laga perdananya.

Adapun pada laga tadi malam, bertempat di stadion yang sama (Gelora Bung Tomo), Welber Jardim dkk bertemu dengan Timnas Panama U-17. Laga melawan anak asuh Mike Stump itu diawali dengan permainan yang kurang memuaskan dari skuad Garuda.

Sejak kick off babak pertama, skuad Garuda tak henti-hentinya mendapat serangan. Berbagai serangan itu akhirnya membuahkan hasil setelah Oldemar Castillo menggetarkan jala gawang Ikram Al-Ghifari di penghujung babak pertama.

Bima Sakti Pede Arkhan Kaka dkk Lolos ke 16 Besar: Sudah Terlanjur Basah
Arkhan Kaka mendapat kepungan dari para pemain Timnas Panama U-17 tadi malam

Tapi beruntungnya, di babak kedua, skuad Garuda Asia perlahan bangkit. Hasilnya adalah pada menit ke-54, Arkhan Kaka membuat gol penyama kedudukan. Lewat umpan manis Welber Jardim, Kaka meloncat dan melakukan tandukan keras – yang gagal dihalau oleh penjaga gawang Panama. Gol tersebut menjadi gol terakhir yang tercipta dari laga tersebut.

Hasil imbang 1-1 melawan Panama membuat Timnas Indonesia U-17 total mengumpulkan 2 poin. Kini, mereka menduduki peringkat ketiga klasemen sementara. Di peringkat pertama Ekuador U-17 duduk manis dengan poin 4. Ekuador U-17 di hari yang sama sukses membungkam Timnas Maroko U-17 dengan skor akhir 2-0. Maroko U-17 sendiri berada di peringkat kedua dengan catatan tiga poin.

Meskipun skuad Garuda masih tertahan di posisi ketiga, namun mereka masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Peluang untuk lolos tersebut bisa dicapai dengan syarat menang atas Timnas Maroko U-17 di partai terakhir grup A. Laga melawan Maroko U-17 digelar pada Sabtu 16 November mendatang.

Bima Sakti sendiri cukup pede untuk bisa membawa Arkhan Kaka dkk lolos ke fase berikutnya. Hal itu ia sampaikan beberapa saat usai pertandingan tadi malam.

“Kita harus yakin. Kita sudah sampaikan ke wartawan kita sudah terlanjur basah. Kita ada kesempatan untuk melangkah ke fase berikutnya,” kata Bima Sakti.

“Kita (perlu) konsentrasi, kemudian dua hari ini kita maksimalkan dan malam ini kita tidak tidur. Kita analisa lagi pertandingan hari ini dan analisa (permainan) Maroko,” ujarnya menambahkan.

“Saya sudah sampaikan ke pemain bahwasanya di awal kita mau menang. Tapi kalau tidak bisa menang minimal seri, jangan sampai kalah,” pungkasnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid