Timnas Indonesia

Tidak Cuma Jay Idzes, PSSI Buka Peluang Naturalisasi Pemain Lagi: Tunggu Tanggal Mainnya!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI belum selesai untuk memperkuat dengan program naturalisasi. Baru-baru ini, PSSI dipastikan tengah memproses naturalisasi terhadap pemain keturunan Jay Idzes. Setelah Jay Idzes, PSSI melalui sang Exco Arya Sinulingga menyebut pihaknya akan mendatangkan pemain keturunan lainnya.

Seperti yang diketahui, baru-baru ini, Jay Idzes berkunjung ke Indonesia. Kedatangan punggawa Venezia yang bermain di kasta kedua atau Serie-B itu langsung disambut oleh Erick Thohir.

Dalam keterangan yang kemudian disampaikan Erick, Jay Idzes masuk dalam proyeksi sang pelatih Shin Tae-yong untuk tampil di Piala Asia 2023. Ya, selain Jay Idzes, PSSI beberapa waktu lalu resmi mendatangkan lima pemain keturunan. Mereka adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Bahkan, ke-lima pemain tersebut sudah mencicipi caps bersama Timnas Indonesia. Sandy Walsh debut di laga melawan Turkmenistan, Shayne di laga kontra Argentina, Ivar Jenner – Rafael Struick di laga versus Argentina, sedangkan Jordi Amat di tahun lalu – tepatnya dalam ajang 2022.

Baca Juga:  STY Minta Tolong ke AFC agar Laga Indonesia vs Irak Berjalan Bagus

Namun rupanya, dengan lima pemain yang sudah ada itu, Shin belum puas. Maka daripada itu, pelatih asal Korea Selatan itu meminta tambahan pemain keturunan lagi. Sebab diketahui, di Piala Asia 2023 nanti, skuad Garuda Indonesia akan berhadapan dengan tiga tim kuat di grup D. Mereka adalah Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam.

Oleh karenanya, wajar sekali jika sang pelatih menginginkan pemain baru untuk meningkatkan kualitas timnya di ajang sepakbola tertinggi di Asia itu.

Kabar baiknya, seperti yang disebutkan di atas tadi, Jay Idzes – bek tengah yang bermain di Serie-B itu sanggup untuk membela tanah kelahiran leluhurnya. Proses naturalisasi Jay Idzes disebut-sebut sudah masuk ke meja Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Namun di sini, yang menarik lagi adalah setelah Jay Idzes, PSSI menyebut masih ada pemain lain yang masuk dalam radar mereka. Keputusan untuk mendatangkan pemain baru ini tentunya berdasarkan dari keinginan Shin Tae-yong. Sebab untuk saat ini, hanya dirinya lah yang paling tahu dengan komposisi pemain yang dibutuhkan oleh Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

“Gini yang pasti kadang-kadang enggak segampang yang kami kira, ada pemain yang kami mau naturalisasi misalnya harus lengkap dokumennya, karena enggak boleh kurang (dokumennya), harus ada darah Indonesia,” ucap Arya Sinulingga.

“Itu ada juga yang dia (pemain keturunan) dokumennya enggak ada (kurang lengkap), harus dicari solusinya. Siapa (yang akan naturalisasi lagi) tunggu aja tanggal mainnya,” tambahnya.

“Yang pasti ada lagi yang kami urus,” paparnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid