Timnas Indonesia

Libas Indonesia 2-0, Vietnam Naik 1 Tingkat di Rangking FIFA, Indonesia Minus 1,63 Poin!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Keberhasilan Timnas Vietnam mengalahkan Indonesia di semifinal leg kedua 2022 memengaruhi peringkat mereka di rangking FIFA. Berkat kemenangan itu, The Golden Stars Warriors naik satu peringkat – sementara itu harus kehilangan 1,63 poin.

Sebagaimana diketahui, tadi malam, skuad Garuda dijamu Vietnam di My Đình Stadium. Laga tersebut merupakan laga kedua semifinal Piala AFF 2022. Di pertandingan leg pertama, Timnas Indonesia menahan imbang Vietnam 0-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sebetulnya, hasil imbang 1-1 sudah cukup membawa Marc Klok dkk melangkah ke babak final. Sayang, di laga kedua itu, Timnas Indonesia tak berdaya. Anak asuh Shin Tae-yong menyerah dengan skor akhir 2-0.

Sementara itu, di semifinal lainnya Thailand akan menjamu Malaysia di Thammasat Stadium. Di pertemuan leg pertama di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, tim tuan rumah Harimau Malaya sukses mengalahkan tim Gajah Perang dengan skor tipis 1-0.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Untuk diketahui, turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara ini tidak masuk dalam turnamen resmi FIFA. Sama halnya dengan Piala EAFF. Namun bedanya, EAFF adalah turnamen untuk negara Asia Timur seperti China, Korea Selatan, hingga Jepang.

Menariknya, meski bukan ajang resmi FIFA, akan tetapi kemenangan, hasil imbang, dan juga kekalahan tetap dihitung poin. Poin tersebut tercatat dan berpengaruh dalam peringkat negara-negara yang bertanding.

Di laga tadi malam, kekalahan skuad Garuda atas Vietnam membuat skuad Garuda kehilangan 1,63 poin. Sementara itu, Timnas Vietnam sukses kembali ke peringkat 96 dunia karena mendapatkan tambahan poin 1,63 berkat kemenangannya atas Indonesia.

Untuk lebih lengkapnya, berikut pergerakan poin Timnas Indonesia sejak mengikuti fase grup hingga babak semifinal kemarin. Poin Timnas Indonesia sebelum Piala AFF 2022 adalah 1036,00 dan saat itu, skuad Garuda berada di peringkat ke-151 dunia.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Fase Grup

Timnas Indonesia 2 – 1 Timnas Kamboja (+2,10 poin peringkat 151)

Timnas Brunei Darussalam 0 – 7 Timnas Indonesia (+1,84 poin peringkat 151)

Timnas Indonesia 1 – 1 Timnas Thailand (+0,65 poin peringkat 151)

Timnas Filipina 1 – 2 Timnas Indonesia (+2,84 poin peringkat 151)

Semifinal

Leg Pertama

Timnas Indonesia 0 – 0 Timnas Vietnam (+0,88 poin peringkat 151)

Leg Kedua

Timnas Vietnam 2 – 0 Timnas Indonesia (-1,63 poin peringkat 151)

Dari total enam pertandingan di fase grup dan semi-final tersebut, Timnas Indonesia meraih tiga kali kemenangan, dua kali imbang, dan satu kali menelan kekalahan. Total poin yang didapatkannya setelah resmi tersingkir menjadi 1040,58. Dari sisi peringkat, Timnas Indonesia tak mengalami perubahan signifikan karena skuad Garuda tetap berada di posisi 151.

Untuk lebih lengkapnya, berikut thread panjang pergeseran peringkat beserta poin yang didapatkan untuk seluruh tim yang berlaga di Piala AFF 2022:

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments