Intermezzo

21 Pemain Liga 1 Akan Beraksi di Piala Asia 2023, Siapa Saja?



NOBARTV NEWS – Akan ada 24 negaranya yang akan turut serta di ajang Piala Asia 2023 tahun ini. Menariknya, dari 24 kontestan dengan banyaknya pemain yang membela negaranya masing-masing, 21 di antaranya meniti karier sepakbolanya di Liga 1.

Seperti yang diketahui, pada tahun 2024 ini, AFC menggelar even terbesar yakni Piala Asia 2023 (sejatinya digelar tahun 2023). Even sepak bola bertaraf internasional yang akan berlangsung di negara timur tengah Qatar ini diikuti oleh 24 tim dari berbagai penjuru Asia. Indonesia sendiri menjadi satu dari beberapa tim tersebut.

Skuad asuhan Shin Tae-yong itu tergabung dalam grup D bersama tim-tim kuat seperti Jepang, Irak, hingga Vietnam. Terakhir kali bertemu Irak, Timnas Vietnam dibabat habis dengan skor telak 5-1. Kekalahan tersebut terjadi di Basra International Stadium dalam laga 2026 zona Asia ronde kedua tahun lalu. Begitupun dengan Timnas Vietnam. Skuad berjuluk The Golden Star Warriors itu pada awal tahun kemarin membungkam skuad Garuda 2-0 di leg kedua semifinal 2022.

Sementara Jepang, meskipun catatan pertandingan antara kedua tim ini sudah terjadi berpuluh-puluh tahun lalu, namun perlu diketahui kemarin – Jepang baru saja membantai Timnas Thailand. Laga uji coba melawan Thailand itu dimenangkan tuan rumah Jepang dengan skor meyakinkan 5-0. Untuk diketahui, Thailand adalah negara terkuat di Asia Tenggara namun luluh lantak di hadapan lawan Indonesia di Piala Asia 2023 nanti.

Hal itu cukup masuk akan mengingat Jepang mempunyai pemain yang berkompetisi di Liga Eropa. Dengan ekosistem sepakbola yang maju dan berkembang pesat, sangat wajar jika skuad Jepang menang mudah atas sang lawan. Takefusa Kubo, Kaoru Mitoma, hingga Junya Ito merupakan pemain-pemain Jepang yang merumput di Liga Eropa.

Lantas untuk sendiri, mayoritas pemain yang masuk ke skuad Garuda adalah bermain di Liga 1. Mereka tersebar di berbagai klub-klub besar seperti Persija Jakarta hingga Persib Bandung. Sebagian di antaranya lagi bermain di luar negeri seperti Jordi Amat hingga Sandy Walsh.

Dan menariknya, walaupun Liga 1 banyak menyumbang pemainnya ke Timnas Indonesia, namun kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia ini juga melepas beberapa pemain ke negara-negara lainnya. Termasuk ke Timnas Indonesia, terdapat 21 pemain di Liga 1 yang akan berlaga di Piala Asia 2023. Siapa saja mereka?

Timnas Indonesia

1. Syahrul Trisna – Persikabo

2. Muhamad Riyandi – Persis Solo

3. Ernando Ari – Persebaya Surabaya

4. M. Edo Febriansah – Persib Bandung

5. Wahyu Prasetyo – PSIS Semarang

6. Rizky Ridho – Persija Jakarta

7. Marc Klok – Persib Bandung.

8. Ricky Kambuaya – Dewa United

9. Witan Sulaeman – Persija Jakarta.

10. Egy Maulana – Dewa United

11. Adam Alis – Borneo FC

12. Arkhan Fikri – Arema FC

13. Yakob Sayuri – PSM Makassar

14. Hokky Caraka – PSS Sleman

15. Ramadhan Sananta – Persis Solo

16. Dendy Sulistyawan – Bhayangkara Presisi FC

17. Dimas Drajad – Persikabo

Timnas Palestina

1. Mohammed Rashid – Bali United

Timnas Lebanon

1. Jihad Ayoub – PSS Sleman

Timnas Thailand

1. Elias Dolah – Bali United

Timnas Malaysia

1. Junior Eldstal – Dewa United

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid