Timnas Indonesia

Di Luar Dugaan! STY Justru Pilih Bali sebagai Markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong dikabarkan telah memilih lokasi latihan – dan juga markas untuk di 2022. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu meminta PSSI agar Bali dijadikan markas untuk Marc Klok dkk.

Sebagaimana diketahui, Piala AFF 2022 akan menganut format round robin. Round robin memungkinkan setiap tim untuk bermain kandang dan tandang. Dalam hal ini, Timnas Indonesia akan menjamu dua tim di grup yang ditempatinya lalu akan menjadi tim tamu melawan dua tim lainnya. Dijadwalkan, skuad Garuda Indonesia bakal menjamu Thailand dan Kamboja. Sedangkan di laga melawan Brunei Darussalam dan Filipina, Marc Klok dkk akan melakukan laga tandang.

Terkait pilihan Shin Tae-yong ini tentu sangat tak terduga dari sebelumnya. Pasalnya, sejauh ini PSSI hanya fokus kepada stadion-stadion yang ada di Kota Jakarta dan sekitarnya. Seperti Gelora Bung Karno, Jakarta Internasional Stadium, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Stadion Pakansari Bogor. Sekjen PSSI sempat menyebut Stadion Batakan Balikpapan karena saran dari netizen. Namun sejauh ini, PSSI tidak pernah mengatakan bahwa skuad Garuda bakal menjadikan Bali sebagai markas. Bali hanya disebut sebagai lokasi pemusatan latihan saja.

Baca Juga:  Profil Shaun Evans: Wasit Indonesia vs Korsel yang Pernah Bikin Kesal Suporter Persib dan Timnas Indonesia

Dan ternyata, STY justru menginginkan anak asuhnya melakukan TC dan juga bermarkas di sana (Bali).

“Shin Tae-yong meminta di Bali. Saat ini kami masih mempertimbangkannya. Intinya, kami akan memberikan yang terbaik untuk timnas,” papar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, kemarin.

Kata Iriawan, akan ada tim dari PSSI yang turun ke Stadion I Wayan Dipta (Bali) untuk mengecek kesiapan stadion tersebut. Namun untuk diketahui bersama, Dipta juga menjadi salah satu venue 2023. Sebelumnya, Menpora RI Zainudin Amali menolak Timnas Indonesia berkandang di Stadion Gelora Bung Karno karena alasan itu. Berkaitan dengan terpilihnya Stadion I Wayan Dipta, Iriawan tak berkomentar apa-apa. Barangkali, Menpora memberikan izin kepada PSSI asal bukan GBK yang digunakan.

“Akan ada tim penilai yang hadir di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Mungkin dalam minggu ini ada kepastiannya (soal kandang timnas dalam Piala AFF 2022),” tambah Iriawan.

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

Sandy Walsh dan Jordi Amat Berpeluang Tampil di Piala AFF 2022

Saat ini, dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia Sandy Walsh dan Jordi Amat tengah disumpah menjadi WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI. Jika proses tersebut berjalan lancar, dan diikuti dengan proses perpindahan federasi yang tak menemui aral, maka keduanya bisa saja membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 nanti.

Namun untuk diketahui, karena Piala AFF bukan hajat FIFA, maka kecil kemungkinan bagi keduanya untuk diberikan izin oleh klub masing-masing untuk membela Timnas Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid