Timnas Indonesia

Masuk sebagai Pemain Prioritas SEA Games 2023, Begini Kata Bek Persebaya Rizky Ridho



NOBARTV NEWS – Rizky Ridho dan Ernando Ari merupakan dua pemain Persebaya yang mendapatkan prioritas untuk gabung di TC Timnas U-22 jelang SEA Games 2023. Keduanya bahkan baru akan dilepas (ke TC) Aji Santoso setelah Liga 1 selesai dilakukan.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu yang tak lama lagi, akan ambil bagian dalam even multi olahraga se-Asia Tenggara yakni SEA Games 2023. Dijadwalkan, even akbar itu akan dihelat di Kamboja.

Dalam hal ini, PSSI akan mengirim skuad Garuda muda di even tersebut. Diwakili oleh Timnas U-22, anak asuh Indra Sjafri itu siap mendobrak panggung SEA Games 2023 dengan target juara.

Namun sebelum mengikuti even tersebut, PSSI sudah memanggil 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan gelombang pertama. Mayoritas pemain yang dipanggil merupakan pemain dari Liga 2 dan Liga 1 yang tidak memiliki jam terbang tinggi di klubnya. Ke-34 nama tersebut sudah mengikuti TC sejak 1 Maret kemarin yang dipimpin langsung oleh sang pelatih Indra Sjafri.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Kabarnya, Indra akan kembali memanggil pemain lainnya di minggu kedua nanti. Namun tak dijelaskan berapa pemain yang akan kembali diminta untuk bergabung di pemusatan latihan tersebut.

Menariknya, pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso menyebut dua anak asuhnya yakni Rizky Ridho dan Ernando Ari juga diminta untuk ambil bagian di SEA Games nanti. Namun istimewanya, keduanya tidak akan mengikuti pemusatan latihan seperti rekan-rekannya yang lain. Keduanya bahkan baru akan dilepas Persebaya setelah Liga 1 berakhir. Dalam hal ini, bisa kita ambil kesimpulan bahwa keduanya berstatus sebagai pemain yang diprioritaskan sehingga mereka tak perlu ikut TC dulu. Meski demikian, hal ini merupakan hal yang wajar karena keduanya memang sudah sering bolak-balik di Timnas Indonesia.

Dalam wawancara terbarunya, Rizky Ridho pun turut menanggapi pemanggilan tersebut. Ia mengaku bersyukur karena ia kembali mendapatkan kepercayaan dari sang pelatih. Di SEA Games edisi sebelumnya (2021 di Vietnam), Rizky Ridho juga merupakan satu dari 20 pemain yang didaftarkan oleh Shin Tae-yong (pelatih Timnas Indonesia di SEA Games 2021) saat itu.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Saya selalu bersyukur. Dan akan menampilkan yang terbaik,” kata Rizky Ridho.

Sebelumnya, Aji Santoso sudah pernah mengkonfirmasi dua pemainnya yang akan dipanggil ke TC tersebut. Namun karena keduanya tampil reguler di Liga 1, jadi mereka hanya mengikuti pemusatan latihan di tahap akhir saja.

“Ada beberapa pemain dipanggil ke timnas, tapi, pemanggilan itu ditahap akhir,” ucap Aji Santoso.

“Pemain yang reguler, seperti Rizky Ridho, Ernando, tidak dipanggil di dalam tahap seleksi,” tambah pelatih asal Malang itu.

“Karena ada beberapa tahapan, 1-8 (Maret) ada seleksi, 8-16 seleksi itu pemain yang usia 2001, tetapi seleksi ini untuk pemain-pemain yang tidak regular,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments