Timnas Indonesia

Tidak Hanya untuk Timnas Indonesia, Menpora Juga Persilakan Persija Berkandang di GBK

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Menpora RI Zainudin Amali akhirnya berkomentar terkait ditetapkannya Stadion GBK sebagai kandang di 2022. Sebelumnya, Amali menolak permintaan itu. Namun lambat laun, setelah keluarnya surat dari FIFA, Amali setuju – bahkan, tidak hanya Timnas Indonesia, Persija Jakarta juga dipersilakan berkandang di sana.

Diketahui, beberapa waktu lalu, Menpora sangat melarang Timnas Indonesia menjadikan GBK sebagai kandang ketika bermain di Piala AFF 2022. Sebagaimana diketahui, di fase grup Piala AFF nanti, Timnas Indonesia akan menjamu Timnas Thailand dan Timnas Kamboja.

PSSI sendiri dibuat dilema karena masalah stadion tersebut. PSSI sangat ingin menggunakan GBK namun tetap dilarang oleh Menpora. Menpora berdalih bahwa stadion tersebut akan digunakan sebagai venue 2023 sehingga tak boleh digunakan sampai even tersebut selesai.

Pada akhirnya, PSSI pun sempat memutuskan akan menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. Di samping itu, PSSI juga mengirim surat kepada FIFA terkait boleh tidaknya GBK digunakan sebagai kandang Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: 2 Opsi Skuad Garuda Lolos Perempat Final Piala Asia U23 2024

Ternyata, dari surat elektronik yang dikirim oleh FIFA sebagai jawaban dari pertanyaan PSSI tadi, asosiasi sepak bola tertinggi di dunia itu justru tidak mempermasalahkannya. FIFA tidak melarang kegiatan apapun selama itu dalam lingkup sepak bola. Selainnya (non sepak bola), FIFA dengan tegas menolaknya.

Atas surat tersebut, PSSI langsung mengubah pernyataannya – dan kini, secara resmi, Timnas Indonesia akan berkandang di sana (GBK). Bahkan, kata Sekjen PSSI Yunus Nusi, pihaknya tengah menjalin komunikasi intensif dengan pihak pengelola (GBK) agar diberikan diskon ketika Timnas Indonesia berkandang di sana.

Dan kini, Menpora RI yang sebelumnya menolak kini akhirnya melunak.

“Surat FIFA baca saja, sudah clear itu. Non olahraga tidak boleh, kalau sepak bola boleh,” ujar Menpora RI Zainudin Amali.

“Kalau PSSI mau, bagus. Kan bukan hanya Timnas, Persija juga sudah umumkan home base-nya di situ. Kan yang dilarang FIFA di luar olahraga,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Dengan demikian, maka sudah bisa dipastikan bahwa acara non-bola seperti konser dan sejenisnya dilarang untuk diselenggarakan di GBK.

Sebab sebagaimana diketahui, di tahun depan, ada dua konser besar yang rencananya akan digelar di stadion tersebut. Pertama konser girl band asal Korea Selatan BLACKPINK. Dan kedua konser penyanyi solo wanita asal Indonesia Raisa.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

16 Comments