Timnas Indonesia

Menpora Minta PSSI Jangan Cicil Pemain untuk Dinaturalisasi

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Menpora RI Zainudin Amali mengungkapkan unek-uneknya terakit proses naturalisasi . Ia meminta PSSI untuk mengajukan permohonan naturalisasi secara sekaligus. Jangan setengah-setengah alias dicicil.

Sebagaimana diketahui, PSSI sedang melakukan proses naturalisasi. Baik itu untuk tim junior maupun senior. Untuk tim senior, PSSI menaturalisasi tiga pemain yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Namun hingga saat ini, baru dua pemain yang dinyatakan resmi menjadi WNI. Mereka adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Bahkan, keduanya sudah mendapatkan KTP, pasport, dan telah mendapatkan persetujuan pindah federasi yang dikeluarkan oleh FIFA.

Adapun Shayne Pattynama, proses naturalisasi bek Viking FK itu masih berjalan sampai saat ini. Ia masih harus menunggu beberapa tahapan sebelum resmi menjadi WNI.

Di Timnas U-20, proses naturalisasi baru dilakukan kepada dua pemain yakni Justin Hubner dan Ivar Jenner. Padahal, PSSI disebut berencana melakukan naturalisasi kepada 6 pemain sekaligus. Hal itu diungkapkan oleh salah satu anggota DPR RI Komisi X Yoyok Sukawi.

Proses naturalisasi satu persatu alias tidak bersamaan ini membuat Amali angkat bicara. Karena yang harus diurus tidak sekaligus, maka proses tersebut harus dilakukan satu persatu. Sebagai contoh, proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat berjalan beriringan. Di DPR RI, di Kemenkumham RI, hingga di Keppres RI seluruh prosesnya berjalan beriringan dan selesai berbarengan.

Sedangkan Pattynama, karena prosesnya diurus setelah Sandy dan Jordi, maka ia harus melalui proses naturalisasi belakangan. Padahal, proses serta tahapan yang dilakukan sama.

Hal ini membuat DPR RI melakukan rapat dua kali, dan juga membuat proses lainnya dilaksanakan dua kali juga.

Andaikata nama Pattynama didaftarkan bersamaan, maka prosesnya tentu hanya dilakukan satu kali. Tanpa rapat yang dilakukan berulang kali. Hal ini bisa menghemat waktu dan tenaga para unsur yang terlibat.

“Sedang kami teliti (naturalisasi timnas U-20 Indonesia). Iya saya (harap) sekaligus,” ucap Zainudin Amali di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, kemarin.

“Jangan nyicil-nyicil supaya rapatnya nanti di Komisi III dan X (DPR) sekalian,” ujarnya menambahkan.

“Saya tidak mau ada dapat satu, proses. dapat ini, proses.”

Terkait hal ini, Menpora sudah menyampaikannya kepada PSSI.

“Saya sudah sampaikan ke PSSI, kalau mau menyampaikan sekaligus,” ucapnya.

“Baru kami akan lihat,” tutupnya kemudian.

Ucapan Amali tersebut menjadi sinyal untuk PSSI agar segera mengumumkan dan melakukan proses naturalisasi terhadap empat pemain Garuda muda lainnya. Sebab sebagaimana diketahui, hanya Ivar Jenner dan Justin Hubner yang baru mendapatkan lampu hijau untuk dinaturalisasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid