Timnas Indonesia

Duh! Indonesia Tidak Masuk Pertimbangan sebagai Tuan Rumah Piala Asia 2023



NOBARTV NEWS terancam gagal sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Sebelumnya, tiga tim mencalonkan diri sebagai tuan rumah yakni Indonesia, Korea Selatan, dan Qatar. Sekjen AFC, Datuk Windsor Paul John lebih memilih antara Korea Selatan dan Qatar sebagai tuan rumah untuk event sepakbola terbesar di Asia itu.

PSSI sendiri sudah mewacanakan diri untuk menjadi tuan rumah jauh sebelum Timnas Indonesia dinyatakan lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Dalam salah satu syarat untuk menjadi tuan rumah, tim yang mencalonkan diri wajib lolos ke putaran final. Tanpa diduga, Timnas Indonesia lolos – sehingga pengajuan diri sebagai tuan rumah tetap dilakukan.

Lolosnya Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 begitu dramatis. Tergabung di grup A bersama tim kuat seperti Timnas Kuwait (tuan rumah grup), Yordania, dan Nepal, skuad Garuda finis di posisi kedua di klasemen akhir grup tersebut. Timnas Indonesia hanya kalah dari Yordania dan menang secara mengejutkan atas Kuwait (2-1) dan Nepal (7-0). Meski finis di posisi kedua, anak asuh Shin Tae-yong itu tetap lolos karena berstatus sebagai salah satu runner-up terbaik.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Namun di saat pencalonannya (tuan rumah), Timnas Indonesia memiliki saingan berat yakni Korea Selatan, Qatar, hingga Australia. Namun Australia lewat federasi sepakbola-nya yakni FA Australia mencabut persaingannya untuk menjadi tuan rumah.

Kini, tersisa tiga negara yang masih bersaing. Namun sayang, di antara tiga negara tersebut, Indonesia menjadi negara yang paling tidak diunggulkan menjadi tuan rumah. Kuat dugaan AFC tidak menghiraukan Indonesia buntut dari Tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu itu.

“Kita tidak akan membuat keputusan lagi. Semua itu akan diputuskan dalam pertemuan pada Senin ini dan siang harinya kemungkinan kita akan umumkan keputusan terkait negara mana yang dipilih sebagai rumah,” terang Sekjen AFC Datuk Windsor Paul John.

Menurut AFC, jika Qatar terpilih sebagai tuan rumah, maka event tersebut akan dihelat pada Januari 2024. Sedangkan jika Korea Selatan yang terpilih, maka agenda penting AFC itu akan dilangsungkan pada Juli 2023. Tidak ada yang menyebut kemungkinan Indonesia akan menjadi tuan rumah.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

“Tetapi jika Qatar dipilih, Piala Asia akan diadakan pada Januari 2024 karena waktu cuaca tidak panas,” terang Datuk Windsor lagi.

Jika Indonesia gagal menjadi tuan rumah, maka PSSI bisa fokus untuk melaksanakan dan membenahi seluruh infrastruktur – karena Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk event yang tak kalah pentingnya yakni 2023. Di event ini, Garuda muda dijamin lolos ke putaran final karena statusnya sebagai tuan rumah.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments