Intermezzo

Banyak Dikeluhkan Klub, PT LIB Hapus Turnamen Piala Presiden

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PT LIB menyebut pihaknya tidak akan membuat kompetisi pra-musim seperti tahun 2022 kemarin.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, PT LIB rutin menyelenggarakan sebuah even pra-musim sebelum dibukanya kompetisi resmi yaitu Liga Indonesia. Kompetisi pra-musim yang cukup rutin digelar adalah Piala Presiden.

Akan tetapi, untuk musim depan, PT LIB selaku operator Liga 1 tidak akan menggelar even tersebut lagi. Hal itu didasari oleh permintaan langsung dari kontestan Liga 1. Rata-rata, mereka mengeluh karena pelaksanaan even Piala Presiden itu sangat mepet dengan jadwal dibukanya kompetisi Liga 1.

“Kemungkinan, untuk penyelenggaraan turnamen pramusim musim depan akan diserahkan kepada pihak klub,” kata Direktur Operasi PT LIB Sudjarno.

“Ya, keputusan ini memang diambil sesuai dengan permintaan klub musim lalu. Hal ini mungkin menjadi bagian dari evaluasi kami,” ujarnya menambahkan.

Akan tetapi, kata Sudjarno lagi, untuk even pra musim seperti Piala Presiden atas sejenisnya, PT LIB akan menyerahkannya kepada klub. Berarti, jika nantinya ada even serupa, maka di sana tak ada sangkut paut PT LIB sebagai pelaksana atau lebih dikenal dengan nama operator.

“Dari informasi yang saya dapat, ajang pramusim memang akan diserahkan kepada klub. Artinya, terkait dengan Piala Presiden dan sebagainya, saya masih belum tahu.”

Namun Sudjarno menegaskan kembali bahwa dari pihaknya, tidak akan menyelenggarakan even pra musim lagi.

“Kemungkinan turnamen pramusim seperti Piala Presiden yang digelar pada musim lalu ini tidak akan diselenggarakan,” tegasnya lagi.

Karena PT LIB sudah menyerahkan laga pra musim tersebut kepada para klub, maka klub berhak untuk menentukan format atau apapun itu terkait dengan pelaksanaannya. Bisa dengan menggabungkan beberapa klub untuk melaksanakan even pra musim tersebut secara bersama-sama. Bisa juga dengan format seperti Piala Presiden sebelumnya. Atau bahkan, bisa juga dengan menggelar laga pra musim sendiri-sendiri seperti klub Eropa – yang di mana klub benua biru seringkali berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya untuk melangsungkan laga pra musimnya.

“Untuk bentuknya seperti apa, kami belum tahu. Apakah nanti akan digelar turnamen sendiri-sendiri. Kemungkinan seperti klub-klub Eropa yang menggelar turnamen pramusim sendiri.”

Akan tetapi, Sudjarno memberikan sedikit bocoran yang disampaikan oleh Direktur Utama PT LIB bahwasanya beberapa klub memiliki rencana untuk menggelar laga pra musim secara mandiri.

“Berdasarkan informasi terakhir yang diberikan Direktur Utama PT LIB, pihak klub punya keinginan untuk menggelar pramusimnya secara mandiri,” pungkas mantan Kapolda Lampung itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment