Timnas Indonesia

Punya Naluri Gol Tajam, Pemandu Bakat Internasional Sebut Ramadhan Sananta seperti David Villa ketika Muda

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Penampilan striker Ramadhan Sananta mendapat pujian dari akun pemandu bakat internasional. Punggawa Persis Solo itu disebut memiliki kesamaan dengan cara bermain eks striker Timnas Spanyol David Villa ketika masih muda.

Sebagaimana diketahui, saat ini Ramadhan Sananta sedang berada di Brunei Darussalam. Di negara tetangga itu, Sananta dan punggawa skuad Garuda lainnya sedang mempersiapkan diri jelang melakoni laga leg kedua 2026 zona Asia ronde pertama. Laga leg kedua tersebut akan digelar di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah.

Dalam laga sebelumnya alias leg pertama, skuad Garuda menjamu Brunei di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Di laga tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu menumpas perlawanan sang lawan dengan skor telak 6-0.

Menariknya, dua dari enam gol tersebut dicetak oleh pemain pengganti yang tak lama masuk ke dalam stadion. Adalah Ramadhan Sananta, sang striker sukses mengemas dua gol dari enam gol yang bersarang ke gawang Brunei saat itu. Selain Sananta, empat gol lainnya dicetak oleh Dimas Drajad (hattrick) dan Rizky Ridho.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Dalam kemenangan besar itu, salah satu pemain mendapat sorotan dari Presiden RI Joko Widodo. Kala itu, Jokowi menyorot penampilan Ramadhan Sananta yang baru saja masuk namun mampu mengubah jalannya pertandingan.

Selebrasi Ramadhan Sananta usai cetak gol ke gawang Brunei Darussalam
Selebrasi Ramadhan Sananta usai cetak gol ke gawang Brunei Darussalam

“Semua pemain bermain baik. Sepak bola itu kerja tim. Tapi, di babak kedua, masuknya Ramadhan Sananta mengubah pola permainan Timnas Indonesia,” kata Jokowi.

“Sangat-sangat menghibur,” lanjut orang nomor satu di Indonesia itu.

Namun ternyata, bukan hanya Jokowi saja yang merasa tersanjung dengan aksi Ramadhan Sananta. Baru-baru ini, sebuah akun pemandu bakat internasional bernama EK Scouting memberikan pujiannya kepada punggawa Persis Solo itu. EK Scouting menyebut statistik sang pemain sangat bagus.

“Statistik sejauh ini sepanjang karier, 29 gol dan assist dari 59 pertandingan. Benar-benar bagus,” tulis EK Scouting.

Baca Juga:  Profil Shaun Evans: Wasit Indonesia vs Korsel yang Pernah Bikin Kesal Suporter Persib dan Timnas Indonesia

“Terlepas dari usia yang masih muda, dia sudah bermain di banyak klub. Rinciannya adalah Harjuna Putra, Persikabo, PSM Makassar dan saat ini Persis. Agennya saat ini GBL – Indo Bola Mandiri, kontraknya akan berakhir 31 Mei 2025,” lanjut keterangan yang disampaikan EK Scouting.

Lebih lanjut, EK Scouting menyebut klub-klub Eropa harus menaruh perhatiannya kepada sang pemain.

“Klub-klub Eropa di luar lima liga top Eropa harus lebih dekat melihat dia.”

“Ramadhan adalah striker murni. Dia pencetak gol, punya kecepatan, banyak kebisaan, dan punya kelebihan sudah berada di Liga 1 Indonesia selama bertahun-tahun,” tulis EK Scouting lagi.

“Dia juga cepat, terutama saat transisi. Dia sering mengemban tugas dua striker menjadi satu. Dia benar-benar seimbang dan penuntas peluang yang tajam. Dia harus banyak beradaptasi dalam bekerjasama tim. Dia juga harus membuka jalur operan, kontribusi dalam bertahan, hingga memperhatikan offside.”

Dalam penutupnya, EK Scouting menyebut Sananta seperti eks pemain Timnas Spanyol David Villa ketika masih berusia muda.

“Gaya main (Ramadhan Sananta): David Villa saat masih muda,” tutup EK Scouting.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid